DETAIL DOCUMENT
Gambaran Kreativitas Guru Dalam Penerapan Kurikulum 2013 Sekolah Dasar Di Surabaya
Total View This Week18
Institusion
Universitas Airlangga
Author
Uni Kartika Sari, -
Subject
K3740-3762 Education 
Datestamp
2020-07-02 04:00:50 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kreativitas guru dalam penerapan kurikulum 2013 Sekolah Dasar di Surabaya. Kreativitas guru dalam penelitian ini merujuk pada definisi kreativitas Guilford (1967) yaitu kemampuan berpikir divergent yang melibatkan fluency of thinking, flexibility, originality dan elaboration. Sementara itu, grand theory yang digunakan adalah teori ekologi Brofenbrenner. Penelitian ini berfokus pada sekolah dasar “X” dan “Y” di Surabaya. Desain penelitian yang digunakan adalah studi kasus instrumental, dimana penelitian fokus pada sebuah isu kemudian memilih batasan kasus. Informan dalam penelitian ini adalah guru, kepala sekolah dan orang tua siswa di Sekolah Dasar “X” dan “Y” di Surabaya. Penelitian ini menggunakan tipe analisis tematik. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa gambaran kreativitas guru dalam penerapan kurikulum 2013 Sekolah Dasar di Surabaya sudah dilaksanakan dengan baik dimana dari indikator kelancaran (fluency), fleksibilitas (flexibility), dan elaborasi (elaboration) dalam merencanakan pembelajaran, melaksanakan proses pembelajaran serta penilaian hasil belajar siswa. Sementara, dimensi keaslian (originality) yaitu ide guru dalam merencanakan pembelajaran kurang keasliannya, karena merupakan pengembangan dari gagasan yang sudah ada. Kemudian, dalam hal kreativitas penilaian, guru masih sedikit merasa kesulitan karena penilaian tematik ditentukan dan ditetapkan oleh satuan pendidikan masing-masing dengan mempertimbangkan karakteristik kompetensi dasar yang akan dicapai, daya dukung (sarana dan guru), dan karakteristik peserta didik 
Institution Info

Universitas Airlangga