DETAIL DOCUMENT
Perancangan Aplikasi Augmented Reality Pengenalan Peninggalan Sejarah Hindu Budha Provinsi Jambi Pada SD Negeri 139 Kota Jambi Berbasis Android
Total View This Week0
Institusion
Universitas Dinamika Bangsa
Author
Saputra, Tri Sati
Subject
Multimedia 
Datestamp
2019-11-07 02:03:19 
Abstract :
Sistem pembelajaran SD Negeri 139/IV Kota Jambi saat ini masih bersifat tradisionalis, manual, dan metode pelajaran yang masih belum variatif khususnya pada pelajaran IPS dengan materi pengenalan sejarah hindu budha yang masih menggunakan gambaran kliping, sehingga anak-anak memiliki keinginan rendah untuk mempelajarinya, sedangkan pada saat ini banyak yang telah memanfaatkan perkembangan teknologi untuk di jadikan sebagai media pembelajaran. Salah satu pemanfaatan teknologi yang paling sering digunakan saat ini adalah Augmented Reality (AR), Augmented Reality (AR) adalah suatu teknologi yang menggabungkan benda maya 2 dimensi dan 3 dimensi kedalam sebuah lingkungan nyata lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan sebuah aplikasi augmented reality sebagai media pembelajaran pengenalan sejarah hindu budha di SD Negeri 139/IV. Aplikasi ini menjadi alat bantu dalam menyampaikan materi tentang sejarah hindu budha sehingga memudahkan murid untuk mengenal candi dan prasasti. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa sistem pembelajaran yang terjadi masih belum terlalu baik. Berdasarkan hal tersebut diharapkan hasil klasifikasi ini dapat membantu penelitian selanjutnya. 
Institution Info

Universitas Dinamika Bangsa