DETAIL DOCUMENT
Meningkatkan Hasil Belajar IPS Tentang Menghargai Sejarah Proklamasi Kemerdekaan Bangsa Indonesia Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas V SD Negeri Inpres Koya Tengah Kabupaten Keerom Tahun Ajaran 2020/2021
Total View This Week0
Institusion
UNIVERSITAS CENDERAWASIH
Author
Pigay, Meryanty
Subject
370 Pendidikan 
Datestamp
2023-03-16 23:53:52 
Abstract :
Penelitian ini adalah tidakan kelas didalam penelitian ini subjek penelitian ialah siswa kelasV SD negeri inpres koya tengah yang berjumlah siswa 14 siswa.pada tes awal tentang menghargai sejarah proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia diketahui 11(78.57%) siswa belum mencapai KKM dan 3 ( 22,42%) siswa telah mencapai KKM. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang menghargai sejarah proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas V SD Negeri Inpres Koya Tengah Kabupaten Keerom Tahun Ajaran 2020/2021,sesuai dengan kiriteria ketuntasan minimal (KKM) pada mata pelajaran IPS yaitu 70. Hasil penelitian yang dilakukan melalui evaluasi pada siklus I dengan dengan persentase keberhasilan siswa pada siklus I adalah 7(50%) siswa dan siklus II adalah 14 (100%)siswa .Dengan demikian ,hasil penelitian dengan menggunakan media gambar ,dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS tentang menghargai sejarah proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia pada siswa kelas V SD Negeri Inpres Koya Tengah Kabupaten Keerom. Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan media gamabar dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS tentang menghargai sejarah proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia pada siswa kelas VSD Negeri Inpres Koya Tengah Kabupaten Keerom Tahun AJaran 2020/2021.Sehinggah KKM tercapai. 
Institution Info

UNIVERSITAS CENDERAWASIH