DETAIL DOCUMENT
Meningkatkan Kreatifitas Membentuk Benda Menggunakan Plastisin pada Anak Kelompok B1 di Taman Kanak-Kanak Haleluya Sentani Kabupaten Jayapura Provinsi Papua Tahun Pelajaran 2019/2020
Total View This Week0
Institusion
UNIVERSITAS CENDERAWASIH
Author
Yuliana, Felle
Subject
371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus 
Datestamp
2023-05-17 05:44:05 
Abstract :
Meningkatkan kreativitas dapat dilakukan guru dengan memilih kegiatan menarik, sederhana, menyenangkan bagi anak, dan tentunya dapat mengembangkan keterampilan anak dalam membentuk benda menggunakan plastisin dengan berbagai metode belajar yang telah disediakan guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dan menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (Class Room Action Research), meningkatkan Kreativitas Membentuk Benda Menggunakan Plastisin pada anak kelompok B1 TK Haleluya Sentani Kabupaten Jayapura Provinsi Papua. Waktu penelitian mulai bulan Juli sampai September. Subjek pada penelitian ini adalah Anak kelompok B1 di TK Haleluya Sentani Kabupaten Jayapura yang berjumlah 12 Anak, yaitu 10 anak laki-laki dan 2 anak perempuan. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, masing-masing siklus 3 tindakan dan menggunakan model Kemmis dan Mc Tanggart yang terdiri dari empat tahap antara lain: Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, Refleksi. Kondisi awal kreativitas membentuk benda menggunakan plastisin Pada Anak Kelompok B1 Di TK Haleluya Sentani Kabupaten Jayapura rata-rata baru mencapai 47,33%. Setelah di laksanakan penelitian tindakan kelas terhadap anak usia dini di TK Haleluya Sentani Kabupaten Jayapura Provinsi Papua Tahun Pelajaran 2019/2020, Dengan melalui dua siklus masing-masing siklus terdiri dari tiga tindakan. Pada data awal nilai presentase anak mencapai rata-rata 47,33% meningkat pada siklus tindakan1 menjadi nilai rata-rata 55,33%, meningkat lagi pada siklus I tindak an 2 menjaadi nilai rata-rata 63,67%, pada siklus I tindakan 3 meningkat menjadi rata-rata 70,33%, meningkat pada siklus II tindakan 1 menjadi rata-rata 77,75%, dan pada siklus II tindakan 2 nilai meningkat menjadi rata-rata 83,67% dan pada siklus II tindakan 3 meningkat lagi menjadi rata-rata 90,33%. Berdasarkan penelitian terbukti bahwa membentuk benda dengan menggunakan plastisin, dapat meningkatkan kreativitas pada anak kelompok B1 TK Haleluya Sentani Kabupaten Jayapura 
Institution Info

UNIVERSITAS CENDERAWASIH