DETAIL DOCUMENT
Strategi Coping Stres pada Guru yang Bekerja di SLB
Total View This Week0
Institusion
UNIVERSITAS CENDERAWASIH
Author
Katiandagho, Meilani Hana
Subject
610 Ilmu kedokteran, ilmu pengobatan dan ilmu kesehatan 
Datestamp
2023-11-22 04:49:48 
Abstract :
Latar belakang :Anak berkebutuhan khusus merupakan anak yang mengalami gangguan secara fisik, perkembangan, perilaku, emosi maupun ketidakmampuan mentalnya. Hal tersebut dapat menjadi sebuah stressor yang mengakibatkan stres bila tidak diatasi dengan baik dan akan berdampak pada guru yang bekerja di SLB, maka guru memerlukan strategi coping untuk mengatasi masalah-masalah yang dihadapinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi coping yang dapat digunakan guru yang bekerja di SLB. Metode penelitian: Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi literatur. Literatur telah discreening menggunakan mesin pencarian google scholar. Dengan jumlah inklusi sebanyak 11 literatur. Hasil :Dari 11 literatur strategi coping stres pada guru yang bekerja di SLB, dapat dilihat bahwa stres yang dihadapi sumbernya dari faktor eksternal sehingga mempengaruhi faktor internalnya. Faktor eksternal merupakan masalah-masalah guru di luar lingkungan sekolah yaitu masalah keluarga dari faktor eksternal tersebut yang mempengaruhi faktor internalnya. Maka dari itu ada dua strategi coping yang digunakan, strategi coping yang berfokus pada masalah dan strategi coping yang berfokus pada emosi, namun kedua strategi tersebut ada yang dapat membantu menyelesaikan masalah tetapi, ada juga yang membuat masalah semakin parah, atau lari dari masalah dan tidak peduli dengan masalah yang terjadi. Kesimpulan : Tidak semua masalah dapat diselesaikan dengan menggunakan strategi coping, kembali lagi bahwa setiap individu berbeda dalam menyelesaikan masalah dan kedua startegi coping tersebut tidak selamanya dapat menyelesaikan masalah dengan baik. ====================================================================================================== Background: children with special needs are especially affect ted Interference at Memphis, development, bondage, maupnken disability His mental. It can be a stressor that accumulates stressIf it is not handled properly and will impact on the correct teacher SLB, makagi aims a copy strategy to solve problemsJust what he got. This research is meant to determine how starteg ended upCopies of all the teachers working in SLB. Research methods: these studies are types of systemized studies The literature has discreenng using the Google scholar submachine. With There are 11 as many as inquisitions. Results: and 11 strategy coping literature in a busy teacher,It can be seen that stress comes with summation and extemporaneous factors Lntemctor affect. Extemporaneous factors are a problem teacher out of school classes on family matters and extemporaneous factorsIt's affecting the intheme factorAnd there are two strategy to use, strategy coping Focus on the problems and strategies of coping with emotions,but there are two strategies that can help solve the problem but, there are also those that make the problem worse, or run away from the problem and don?t care about the problen that occurs. Conclusion: not all problems can be alleviated by using Coping strategy, again that each individual is different in the process. The problem and the second strategy copies can't always be solved Trouble with sin 
Institution Info

UNIVERSITAS CENDERAWASIH