DETAIL DOCUMENT
Tanggung Jawab Perdata Atas Kerugian Konsumen Akibat Pengaruh Iklan di Kota Jayapura.
Total View This Week0
Institusion
UNIVERSITAS CENDERAWASIH
Author
Obinaru, Devita Lince M
Subject
343 Hukum militer, pertahanan, keuangan publik, pajak, perdagangan (perdagangan), hukum industri 
Datestamp
2024-10-03 06:00:24 
Abstract :
Penelitian dengan memilih judul ?Tanggung Jawab Perdata Atas Kerugian Konsumen Akibat Pengaruh Iklan Di Kota Jayapura?, dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui berlakunya hukum terhadap iklan suatu produk barang/jasa dan tanggung jawab perdata atas kerugian konsumen akibat pengaruh iklan. Untuk mendapatkan data, maka digunakan penelitian yuridis sosiologis, yaitu penelitian hukum yang mengarah pada perilaku pelaku usaha (pemilik produk yang diiklankan dan agen periklanan) serta masyarakat pemirsa/pembaca sebagai konsumen. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa berlakunya hukum terhadap iklan media cetak maupun elektronik di Kota Jayapura sebagaimana tersurat dalam ketentuan Pasal 17 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 dan berbagai peraturan (khususnya dibidang Pers dan Penyiaran) belum efektif untuk melindungi kepentingan konsumen dari pengaruh iklan yang menggunakan opini subyektif yang berlebihan tanpa didukung fakta ataupun mengemukakan hal-hal yang menyesatkan dan tidak proporsional. Penerapan Pasal 17 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen harus bersinergik dengan tanggung jawab perdata sebagaimana diatur dalam Pasal 1365 KUHPerdata. Oleh sebab itu, pemerintah sebagai pengayom masyarakat dan juga sebagai pembina pengusaha, berkewajiban melakukan pengawasan terhadap iklan media cetak maupun media elektronik agar ada kepatutan dari pelaku usaha untuk menciptakan iklim usaha yang kondusif berdasarkan peraturan perundangan yang berlaku serta memperhatikan Kode Etik Periklanan (Tata Krama dan Tata Cara Periklanan Indonesia). 
Institution Info

UNIVERSITAS CENDERAWASIH