DETAIL DOCUMENT
Tingkat Kepuasan Pasien pada Pelayanan Petugas di Ruang Rawat Inap RSUD Oksibil
Total View This Week0
Institusion
UNIVERSITAS CENDERAWASIH
Author
Kogoya, Budina
Subject
610 Ilmu kedokteran, ilmu pengobatan dan ilmu kesehatan 
Datestamp
2024-07-30 04:29:16 
Abstract :
Rumah sakit adalah organisasi fungsional yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan tingkat lanjutan. Persepsi masyarakat tentang kualitas pelayanan, bermanfaat yang dapat memberikan masukan peningkatan kualitas pelayanan kesehatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien pada pelayanan petugas di ruang rawat inap RSUD Oksibil. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif yang dilakukan di RSUD Oksibil. Populasi adalah pasien rawat inap di Ruang Interna bulan April 2020. Jumlah sampel sebanyak 71 orang secara random sampling secara purposive sampling. Data diperoleh menggunakan kuesioner dan dianalisis secara univariat. Hasil penelitian diperoleh Tingkat kepuasan pasien pada pelayanan petugas berdasarkan keandalan (reliability) dalam kategori puas sebanyak 43 orang (60,6%) dan tidak puas sebanyak 28 orang (39,4%). Daya tanggap (responsiveness) kategori puas sebanyak 49 orang (69%) dan tidak puas sebanyak 22 orang (31%). Jaminan (Assurance) kategori puas sebanyak 38 orang (53,5%) dan tidak puas sebanyak 33 orang (46,5%). Berdasarkan Empati (Perhatian) kategori puas sebanyak 26 orang (36,6%) dan tidak puas sebanyak 45 orang (63,4%). Berdasarkan bukti fisik (Tangibles) kategori puas sebanyak 30 orang (23,3%) dan tidak puas sebanyak 41 orang (57,7%). 
Institution Info

UNIVERSITAS CENDERAWASIH