Abstract :
Rumah sakit adalah organisasi fungsional yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan tingkat lanjutan. Persepsi masyarakat tentang kualitas pelayanan, bermanfaat
yang dapat memberikan masukan peningkatan kualitas pelayanan kesehatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien pada pelayanan petugas di
ruang rawat inap RSUD Oksibil. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif yang dilakukan di RSUD Oksibil.
Populasi adalah pasien rawat inap di Ruang Interna bulan April 2020. Jumlah sampel sebanyak 71 orang secara random sampling secara purposive sampling. Data diperoleh
menggunakan kuesioner dan dianalisis secara univariat.
Hasil penelitian diperoleh Tingkat kepuasan pasien pada pelayanan petugas berdasarkan keandalan (reliability) dalam kategori puas sebanyak 43 orang (60,6%) dan tidak puas sebanyak 28 orang (39,4%). Daya tanggap (responsiveness) kategori puas sebanyak 49 orang (69%) dan tidak puas
sebanyak 22 orang (31%). Jaminan (Assurance) kategori puas sebanyak 38 orang (53,5%) dan tidak puas sebanyak 33 orang (46,5%). Berdasarkan Empati (Perhatian) kategori puas
sebanyak 26 orang (36,6%) dan tidak puas sebanyak 45 orang (63,4%). Berdasarkan bukti fisik (Tangibles) kategori puas sebanyak 30 orang (23,3%) dan tidak puas sebanyak 41
orang (57,7%).