DETAIL DOCUMENT
KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK REALITA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Darul ulum
Author
IMA SOFIATUL, AMALIS S
Subject
Bimbingan dan Konseling 
Datestamp
2021-09-06 04:45:31 
Abstract :
ABSTRAK Ima Sofiatul A.S: Keefektifan Konseling Kelompok Relita Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas VIII-A MTs Tribakti Kunjang Kabupaten Kediri, Skripsi, BIMBINGAN DAN KONSELING, FKIP UNDAR JOMBANG, 2021. Kata Kunci: konseling kelompok realita, motivasi belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya motivasi belajar yang tinggi dimiliki oleh siswa. Kondisi dilapangan menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki motivasi belajar dalam kategori rendah. Hal ini menyebabkan siswa tidak dapat memanfaatkan kemampuannya secara optimah sehingga dapat berdampak pada hasil belajar siswa. Siswa cenderung mengabaikan betapa pentingnya motivasi belajar yang harus dimiliki oleh siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah ?Untuk mengetahui keefektifan konseling kelompok realita untuk meningkatkan motivasi belajar siswa MTs Tribakti Kunjang?. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian penelitian quasi eksperimen design dengan desain nonequivalent control group. Desain penelitian ini mempunyai dua kelompok yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen, hanya saja dalam desain ini untuk kelompok eksperimen dan kelompok kontrol tidak dipilih secara random. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di MTs Tribakti Kunjang yang berjumlah 100 siswa. Subjek penelitian berjumlah 14 siswa yang diambil dari hasil data pretest dengan hasil skor dalam kategori rendah. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik statistik uji paired sampel t test dengan bantuan program SPSS 21. Dari hasil data diketahui tingkatan motivasi belajar dari 100 siswa adalah 14% menunjukkan siswa 14 siswa dalam kategori tinggi, 71% siswa dalam kategori sedang, dan 14% menunjukkan 14 siswa dalam kategori rendah. Siswa dalam kategori rendah akan dibagi menjadi dua kelompok yaitu 7 kelompok eksperimen yang akan diberikan treatmen konseling kelompok realitas dan 7 kelompok kontrol tidak diberi treatmen. Untuk mengetahui hasil keefektifan layanan yang telah diberikan, dilakukan uji paired sampel t test untuk mengetahuinya. Berdasarkan uji tersebut, diketahui hasil nilai sig 0.00 < 0,05, maka dapat disimpilkan konseling kelompok realitas efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII-A. ABSTRACT Ima Sofiatul A.S: The Effectiveness of Reality Group Counseling to Increase Learning Motivation in Students of Class VIII-A at MTs Tribakti Kunjang, Kediri Regency, Thesis, GUIDANCE AND COUNSELING, FKIP UNDAR JOMBANG, 2021 Keywords: reality group counseling, learning motivation. This research is motivated by the importance of high learning motivation owned by students. Conditions in the field indicate that most students have low motivation to learn. This causes students to not be able to utilize their abilities optimally so that it can have an impact on their learning outcomes. Students tend to ignore the importance of learning motivation that must be owned by students. The purpose of this study is "To determine the effectiveness of reality group counseling to increase students' motivation to learn at MTs Tribakti Kunjang". The approach used in this study is quantitative approach with a quasi- experimental research design with a nonequivalent control group design. This research design has two groups, namely the control group and the experimental group, but in this design the experimental group and the control group are not chosen randomly. The population in this study are all students of VIII grade at MTs Tribakti Kunjang, totaling 100 students. The research subjects are 14 students who were taken from the results of the pretest data with the score in the low category. The data analysis technique used in this study is the statistical technique of paired sample t test with the help of the SPSS 21 program. From the results of the data it is known that the level of learning motivation of 100 students is 14% showing 14 students in the high category, 71% of students in the medium category, and 14% showing 14 students in the low category. Students in the low category will be divided into two groups, namely 7 experimental groups who will be given treatment with reality group counseling and 7 control groups that will not receive treatment. To find out the results of the effectiveness of the services that have been provided, a paired sample t test was carried out to find out. Based on the test, it is known that the result of sig 0.00 < 0.05, it can be concluded that reality group counseling is effective in increasing the learning motivation of class VIII-A students 
Institution Info

Universitas Darul ulum