DETAIL DOCUMENT
IMPLIKASI GERAKAN PERCEPATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK) TERHADAP PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN ISLAMI SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 7 JOMBANG
Total View This Week0
Institusion
Universitas Darul ulum
Author
Hadi, Prabowo
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2023-10-20 06:30:39 
Abstract :
Hadi Prabowo, 20010008. Implikasi Gerakan Percepatan Pendidikan Karakter (PPK) terhadap Pembentukan Kepribadian Islami Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Jombang. Universitas Darul Ulum Jombang. Dosen Pembimbing: (1) Prof. Dr. H. Tadjoer Ridjal B., M.Pd (2) Dr. H. Ali Sukamtono, M.Si. Kata Kunci: Gerakan percepatan Pendidikan Karakter, Kepribadian Islami Siswa Sesuai arahan Presiden Joko Widodo, pendidikan karakter pada jenjang pendidikan dasar mendapatkan porsi yang lebih besar dibandingkan pendidikan yang mengajarkan pengetahuan. Untuk sekolah dasar sebesar 70 persen, sedangkan untuk sekolah menengah pertama sebesar 60 persen. Tak hanya olah pikir (literasi), PPK (Percepatan Pendidikan Karakter) mendorong agar pendidikan nasional kembali memperhatikan olah hati (etik dan spiritual) olah rasa (estetik), dan juga olah raga (kinestetik). Keempat dimensi pendidikan ini hendaknya dapat dilakukan secara utuh-menyeluruh dan serentak. Integrasi proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler di sekolah dapat dilaksanakan dengan berbasis pada pengembangan budaya sekolah maupun melalui kolaborasi dengan komunitas-komunitas di luar lingkungan pendidikan. Terdapat lima nilai karakter utama yang bersumber dari Pancasila, yang menjadi prioritas pengembangan gerakan PPK; yaitu religius, nasionalisme, integritas, kemandirian dan kegotongroyongan. Masing-masing nilai tidak berdiri dan berkembang sendiri-sendiri, melainkan saling berinteraksi satu sama lain, berkembang secara dinamis dan membentuk keutuhan pribadi. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) untuk mengetahui sejauh mana implikasi gerakan percepatan pendidikan karakter (PPK) di Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Jombang, 2) untuk mengetahui cara Pembentukan Kepribadian Islami Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Jombang dan 3) untuk mengetahui pengaruh implikasi gerakan percepatan pendidikan karakter (PPK) terhadap Pembentukan Kepribadian Islami Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Jombang. Penelitian ini berjenis penelitian lapangan yang bersifat kualitatif. Subyek penelitian ini adalah para siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Jombang berlokasi Jl.Raya Panglungan No. 27 Desa Panglungan, Kec. Wonosalam, Kab. Jombang. Peneliti menggunakan prosedur penelitian deskriptif kualitatif, yakni: (1) pengumpulan data, (2) reduksi dan kategorisasi data, (3) penampilan data, (4) penarikan kesimpulan. Instrumen yang dipakai oleh peneliti untuk mendapatkan data penelitiannya, antara lain: pedoman observasi, lembar observasi, pedoman wawancara, angket, catatan dan dokumentasi. Penelitian dilakukan selama tiga bulan. Penemuan dari penelitian ini mengindikasikan bahwa: 1) implikasi Gerakan Percepatan Pendidikan Karakter (PPK) di MTs.N 7 Jombang dilakukan terintegrasi dalam tiga mata pelajaran yang materi-materi dalam tiga mata pelajaran tersebut memang banyak tentang penanaman karakter siswa. Tiga mata pelajaran tersebut 
Institution Info

Universitas Darul ulum