DETAIL DOCUMENT
EFEKTIFITAS KONSELING RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOUR (REB) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI MENGHAFAL ALQUR’AN SANTRI DI PONDOK PESANTREN HAMALATUL QUR’AN DI JOMBANG
Total View This Week0
Institusion
Universitas Darul ulum
Author
NUNIK INDRAWATI, NUNIK
Subject
Bimbingan dan Konseling 
Datestamp
2021-10-20 12:11:59 
Abstract :
Motivasi menghafal merupakan salah satu faktor yang turut menentukan keefektifan dalam proses menghafal. Seorang peserta didik akan menghafal dengan baik apabila ada faktor pendorongnya yaitu motivasi menghafal. Peserta didik akan menghafal dengan sungguh-sungguh jika memiliki motivasi menghafal yang tinggi. Untuk mengukur tingkat motivasi menghafal, peneliti menggunakan metode angket dengan alat ukur skala motivasi menghafal. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan konseling kelompok Rational Emotive Behaviour. Penelitian ini efektif untuk meningkatkan motivasi menghafal khususnya pada santri pondok pesantren Hamalatul Qur?an Jogoroto Jombang. Penelitian ini menggunakan Nonequivalent Control Group Design yang kemudian dianalisis dengan metode statistik Nonparameutic yakni Uji Wilcoxon. Berdasarkan hasil analisis data maka diperoleh yaitu z hitung sebesar -2,707 dan angka probabilitas (sig.(2-tailed)) adalah 0,007. Selanjutnya angka tersebut dibandingkan dengan z tabel pada taraf signifikan 0,05 sehingga diketahui sebesar 1,96. Karena z hitung lebih kecil dari z tabel. Maka dapat disimpulkan bahwa, konseling kelompok Rational Emotive Behaviour efektif untukmeningkatkan motivasi menghafal santri. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyampaikan: (1) Bagi guru bimbingan dan konseling, jika menemukan permasalahan motivasi menghafal ataupun belajar siswa yang rendah bisa menggunakan bimbingan konseling kelompok Rational Emotive Behaviour. (2) Bagi peneliti selanjutnya, penelitian ini bisa dijadikan bahan referensi dalam mengatasi permasalahan menurunya motivasi menghafal ataupun belajar siswa dengan menggunakan konseling kelompok Rational Emotive Behaviour. Untuk peneliti selanjutnya dapat menggunakan rancangan penelitian lain agar bisa mendapatkan data yang lebih luas tentang keefektifan konseling kelompok Rational Emotive Behaviour. Kata Kunci : Motivasi menghafal, Konseling Rational Emotive Behaviour 
Institution Info

Universitas Darul ulum