DETAIL DOCUMENT
KAJIAN KINERJA SIMPANG 4 MOJONGAPIT KABUPATEN JOMBANG AKIBAT PERUBAHAN TIPE JALAN PADA LENGAN JL.CEMPAKA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Darul ulum
Author
Fahrozi Ihza, Derik
Subject
Teknik Sipil 
Datestamp
2023-10-15 16:45:02 
Abstract :
Persimpangan menjadi bagian yang harus diperhatikan dalam rangka melancarkan arus transportasi di perkotaan karena keberadaan persimpangan tidak dapat dihindari pada sistem transportasi perkotaan. Keberadaaan persimpangan harus dikelola dengan cermat sehingga didapatkan suatu simpang yang baik. Penempatan persimpangan ditentukan oleh lokasi, perencanaan, peranan persimpangan dengan pengaturan dan kontrol pergerakan arus lalulintas. Tundaan di simpang 4 Mojongapit Kab.Jombang tidak dapat dihindarkan terutama pada titik-titik persimpangan baik di jalan-jalan protokol maupun di jalan kecil. Untuk mengetahui kinerja pada simpang 4 Mojongapit diperlukan survei dan perhitungan data dengan menggunakan kajian Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI 2014). Hasil pengamatan diperoleh (1) kondisi geometri simpang pendekat Utara lebar 10,60 m, pendekat Selatan lebar 4,70m, pendekat Barat 14,60 m, dan pendekat Timur lebar 16,70 m. (2) Jumlah volume yang di ketahui pada pendekat Utara 568 skr/jam, pendekat Selatan 329 skr/jam, pendekat Barat 556 skr/jam, dan pendekat Timur 587 skr/jam. (3) Setelah dilakukan analisa pada kondisi eksisting diketahui Derajat jenuh pada pendekat Utara 0,33, pendekat Selatan 0,41, pendekat Barat 0,40, dan pendekat Timur 0,42 (4) dari derajat jenuh tersebut masih dibawah 0,85 dapat disimpulkan kinerja masih layak dan tergolong stabil. Untuk memaksimalkan kinerja simpang difokuskan perubahan pada fase simpang menjadi 3 fase, maka diperlukan peningkatan kinerja simpang dikondisi eksisting. 
Institution Info

Universitas Darul ulum