DETAIL DOCUMENT
HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MTs NEGERI 5 JOMBANG
Total View This Week0
Institusion
Universitas Darul ulum
Author
Maida Windarwati, Avi
Subject
BF Psychology 
Datestamp
2022-09-19 05:42:41 
Abstract :
Motivasi belajar berperan penting bagi siswa untuk mencapai keberhasilan dalam pendidikan. Motivasi dapat dipengaruhi oleh faktor intrinsik yang didasari adanya kebutuhan belajar, dan faktor ekstrinsik yang berasal dari lingkungan keluarga terutama orang tua. Adanya dukungan sosial orang tua bermanfaat untuk menumbuhkan motivasi belajar sehingga dapat meningkatkan prestasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial orang tua dengan motivasi belajar siswa di MTs Negeri 5 Jombang. Model penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di MTs Negeri 5 Jombang yang berjumlah 750 siswa. Sampel dalam penelitian berjumlah 60 siswa kelas VIII. Teknik sampling pengambilan data yang digunakan adalah cluster purposive random sampling. Alat pengumpulan data berupa skala dukungan sosial orang tua dan skala motivasi belajar, yang kemudian dianalisis menggunakan program Statistical Package for Social Sciences. Berdasarkan hasil analisis uji korelasi Rho Spearman, diperoleh nilai koefisien korelasi rho xy = 0,643 dan sig = 0,000 (p<0,05) dengan r² = 0,413 berarti dukungan sosial orang tua berkontribusi terhadap motivasi belajar sebesar 41,34 % dan sisanya 58,66 % dipengaruhi faktor lain. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif yang signifikan antara dukungan sosial orang tua dengan motivasi belajar siswa di MTs Negeri 5 Jombang. Artinya semakin tinggi dukungan sosial orang tua maka semakin tinggi pula motivasi belajar siswa. 
Institution Info

Universitas Darul ulum