Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode pembelajaran,upaya guru pendidikan agama Islam dan dampak terhadap siswa terkait penanaman Ahlussunnah Wal Jama'ah An-Nahdliyyah di MTs manba'ul ulum kabul lombok tengah,penelitian ini bersifat kualitatif dengan melakukan penelitian di MTs manba'ul ulum kabul lombok tengah dengan melakukan metode pengumpulan data melalui abservasi, wawancara dan melakukan pendekatan secara intens dengan para siswa, penelitian ini menggunakan metode miles and huberman yang mengemukakan bahwadalam analisis kualitatif di lakukan secara interaktif dan di lakukan secara terus menerus,adapun dalam analisis data menggunakan reduction,data display dan counclusion drawing atau verification.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penenanman nilai-nilai Ahlussunnah Wal Jama'ah An-Nahdliyyah di lakukan melalui metode ceramah dan diskusi,sedangkan upaya yang dilakukan dengan menanaman sikap tawasut, tawazun dan tasammuh serta melakukan amar ma'ruf nahi mungkar sehingga dapat menghasilkan siswa yang berakhlakul karimah,memiliki sifat toleransi yang tinggi dan selalu bersifat tawadhu' dalam menjalakan kehidupan sehari-hari.
Kata Kunci : Guru pendidikan agama Islam, penanaman, Ahlussunnah Wal Jama'ah An-Nahdliyyah.