DETAIL DOCUMENT
ANALISISA PERAN PROMOSI PENJUALAN UMKM BINAAN DINAS PERDAGANGAN DAN PERINDUSTRIAN KABUPATEN JOMBANG DI MASA PANDEMI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Darul ulum
Author
ANANG, PAMUNGKAS
Subject
HG Finance 
Datestamp
2022-10-09 07:28:50 
Abstract :
ABSTRAK Anang Pamungkas, Dosen Pembimbing: Hj. Linda Ratna Sari, SE.,M.Si Fakusltas Ekonomi Universitas Darul ?Ulum Jombang, lahir di Jombang, tanggal 2 Agustus 1982 Analisisa Peran Promosi Penjualan Umkm Binaan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Jombang Di Masa Pandemi, Ketua Pembimbing Hj. Linda Ratna Sari, SE.,M.Si, Komisi Pembimbing H, MACHIN, SE, M.Si Tujuan dari penelitian ini dapat mendeskripsikan peran Promosi di UMKM binaan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Jombang. Mendeskripsikan penjualan yang dilakukan oleh UMKM binaan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Jombang. Mendeskripsikan peranan promosi dalam penjualan UMKM binaan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Jombang di masa Pandemi. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Subjek adalah pelaku dalam penelitian ini. Pelaku UMKM, Dinas Perdagangan dan Perindustrian merupakan Objek dalam penelitian ini. Penentuan sampel informan menggunakan teknik random sampling atau sampel acak, Teknik sampling ini memerikan hak sama kepada setiap objek. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan metode pengumpulan data Dokumentasi dan Wawancara. Dalam penelitian ini analisisnya bersifat Induktif. Hasil dari penelitian ini, Peran promosi di UMKM binaan Dinas perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Jombang dapat membantu penjualan UMKM dengan adanya dorongan yang dilakukan oleh Dinas dengan fasilitas penitipan dalam penjualan melalui gerai yang ada dan juga perwakilan untuk pameran meskipun masih dengan peserta terbata, selain itu juga memfasilitasi promosi dengan kerja sama dengan pihak yang terkait denga penjualan secara langsung.Penjualan yang dilakukan oleh UMKM binaan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Jombang dapat meningkat meskipun tidak seperti di masa sebelum pandemi, karena interaksi yang dilakuakn oleh Masyarakat yang masih dibatasi, dengan adanya perkumpulan yang difasilitasi oleh Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Jombang dapat memecahkan solusi secara bersama terkait dengan penjualan Produk UMKM. Peran promosi di Masa Pandemi bagi UMKM oleh Dinas Perdagangan dan Prindustrian mampu meningkatkan Penjualan secara tidak langsung dan dapt menjembatani antara pelaku UMKM dan konsumen secara langsung, sehingga dapat meingkatkan Penjualan. Kata Kunci : Promosi, UMKM, Penjualan, Pandemi. ? ABSTRACT Anang Pamungkas, Supervisor: Hj. Linda Ratna Sari, SE., M.Si Faculty of Economics, University of Darul 'Ulum Jombang, born in Jombang, August 2, 1982 Analysis of the Role of Sales Promotion of SMEs Assisted by the Department of Trade and Industry of Jombang Regency in the Pandemic Period, Head of Supervisor Hj. Linda Ratna Sari, SE., M.Si, Advisory Commission H, MACHIN, SE, M.Si The purpose of this study is to describe the role of promotion in MSMEs assisted by the Department of Trade and Industry of Jombang Regency. Describe the sales made by MSMEs assisted by the Department of Trade and Industry of Jombang Regency. Describe the role of promotion in the sale of MSMEs assisted by the Department of Trade and Industry of Jombang Regency during the Pandemic. The research used in this study is a qualitative approach. The type of research used is descriptive research. The subject is the actor in this study. MSME actors, the Department of Trade and Industry are the objects in this research. Determination of the sample of informants using random sampling technique or random samples, this sampling technique gives equal rights to each object. To obtain the data needed in this research, the method of collecting data is Documentation and Interview. In this study, the analysis is inductive. The results of this study, the role of promotion in MSMEs assisted by the Department of Trade and Industry of Jombang Regency can help sales of MSMEs with the encouragement carried out by the Office with safekeeping facilities in sales through existing outlets and also representatives for exhibitions although still with limited participants. facilitate promotions by collaborating with parties related to direct sales. Sales made by MSMEs assisted by the Department of Trade and Industry of Jombang Regency can increase even though it is not like in the pre-pandemic period, because the interaction carried out by the community is still limited, with the existence of associations that facilitated by the Department of Trade and Industry of Jombang Regency, they can solve joint solutions related to the sale of MSME Products. The role of promotion in the Pandemic Period for MSMEs by the Department of Trade and Industry is able to increase sales indirectly and can bridge between MSME actors and consumers directly, so as to increase sales. Keywords: Promotion, UMKM, Sales, Pandemic. 
Institution Info

Universitas Darul ulum