DETAIL DOCUMENT
MODEL PENGEMBANGAN KURIKULUM PEMBELAJARAN AL-QURAN DAN PENERAPAN METODE ADZ-DZIKR DI PONDOK PESANTREN ISMUL HAQ MOJOKERTO
Total View This Week0
Institusion
Universitas Darul ulum
Author
Rosid Febriyono, Febri
Subject
Pendidikan Agama Islam 
Datestamp
2023-10-26 04:48:17 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, menganalisa model pengembangan kurikulum pembelajaran Al-Qur?an metode adz-dzikr di Pondok Pesantren Ismul Haq. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana model pengembangan kurikulum pembelajaran Al- Qur?an di Pondok Pesantren Ismul Haq, bagaimana implementasi pembelajaran Al-Qur?an metode Adz-Dzikr di Pondok Pesantren Ismul Haq, dan apa faktor pendukung, penghambat model pengembangan kurikulum pembelajaran Al-Qur?an metode Adz-Dzikr. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Alat pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Adapun hasil dari penelitian adalah metode Adz-Dzikr merupakan metode yang baru akan tetapi dengan metode ini dapat mengahasilkan para santri yang mulanya masih belajar membaca Al-Qur?an mulai dasar, sampai akhirnya bisa membaca dengan baik dan benar dalam makhraj dan tajwid. Adapun model pengembangan kurikulum di Pondok Pesantren adalah model pengembangan kurikulum Beauchapm, dimana memilih lokasi terlebih dahulu, menetapkan personalia pengembangan kurikulum, menetapkan prosedur pengembangan kurikulum, implementasi kurikulum, evaluasi kurikulum. 
Institution Info

Universitas Darul ulum