DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN KETAATAN PADA NORMA AGAMA TERHADAP PERILAKU SANTUN SISWA KELAS VII–A MTSN 12 JOMBANG
Total View This Week0
Institusion
Universitas Darul ulum
Author
HARTINI, WAHYUNI
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2023-11-15 11:08:42 
Abstract :
Hartini Wahyuni, 19010011. Pengaruh Pembelajaran Kontekstual dan Ketaatan pada Norma Agama terhadap Perilaku Santun Siswa Kelas VII-A MTs Negeri 12 Jombang. Universitas Darul Ulum Jombang. Pembimbing: (1) Dr. H. Muhammad Farid, M.Si., (2) Dr. H. Abdul Rouf, M.Ag. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kontekstual terhadap perilaku santun siswa, pengaruh ketaatan pada norma agama terhadap perilaku santun siswa, dan pengaruh pembelajaran kontekstual dan ketaatan pada norma agama secara bersama-sama terhadap pembuatan perilaku santun siswa kelas VII MTs Negeri 12 Jombang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian expost-facto. Penelitian ini merupakan penelitian populasi, karena seluruh siswa kelas VII di MTsN 12 Jombang diambil datanya dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-A. Teknik pengambilan data menggunakan tes dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis Product Moment Corelation. Uji hipotesis pertama menunjukkan adanya pengaruh antara pembelajaran kontekstual terhadap perilaku santun siswa dengan pengaruh 0,421 dan nilai sig 0,005 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh pembelajaran kontekstual terhadap perilaku santun siswa. Uji hipotesis pengaruh antara ketaatan pada norma agama terhadap perilaku santun siswa dengan analisis menggunakan SPSS versi 20 maka didapatkan pengaruh sebesar 0,506 dan nilai sig. 0,005<0,05. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh positif antara ketaatan pada norma agama terhadap hasil perilaku santun siswa. Hasil pengujian ini menjukkan adanya pengaruh postif antara pembelajaran kontekstual dan ketaatan pada norma agama terhadap perilaku santun siswa sebesar 0,425 dengan nilai signifikansinya sebesar 0,000 dimana nilai sig 0,000 < ? = 0,05. Hal ini memberikan arti bahwa H0 ditolak, dengan memberikan arti bahwa adanya pengaruh yang sangat signifikansi antara pembelajaran kontekstual dan ketaatan pada norma agama terhadap perilaku santun siswa kelas VII?A MTs Negeri 12 Jombang. Kata Kunci: Pembelajaran Kontekstual, Ketaatan Pada Norma Agama, Perilaku Santun Siswa Hartini Wahyuni, 19010011. The Effect of Contextual Learning and Obedience to Religious Norms on Courtesy Behaviour of Class VII-A Students of MTs Negeri 12 Jombang. University of Darul Ulum Jombang. Advisors: (1) Dr. H. Muhammad Farid, M.Si., (2) Dr. H. Abdul Rouf, M.Ag. ABSTRACT This study aims to determine the effect of contextual learning on students' polite behaviour, the effect of adherence to religious norms on students' polite behaviour, and the effect of contextual learning and adherence to religious norms together on the creation of polite behaviour of students in class VII MTs Negeri 12 Jombang. This research is a quantitative research with expost-facto research design. This research is a population study, because all seventh grade students at MTsN 12 Jombang are taken data and the sample in this study is class VII-A. Data collection techniques using tests and questionnaires. The data analysis technique uses Product Moment Corelation analysis. The first hypothesis test shows that there is an influence between contextual learning on students' polite behaviour with an effect of 0.421 and a sig value of 0.005 <0.05. This shows that there is an influence of contextual learning on students' polite behaviour. Hypothesis testing of the influence between obedience to religious norms on students' polite behaviour with analysis using SPSS version 20, it was found that the influence was 0.506 and sig value. 0,005<0,05. This shows that there is a positive influence between obedience to religious norms on the results of students' polite behaviour. The results of this test showed a positive influence between contextual learning and adherence to religious norms on students' polite behaviour of 0.425 with a significance value of 0.000 where the sig value of 0.000 < ? = 0.05. This means that H0 is rejected, meaning that there is a very significant influence between contextual learning and adherence to religious norms on the polite behaviour of students in class VII-A MTs Negeri 12 Jombang. Keywords: Contextual Learning, Obedience to Religious Norms, Students' Polite Behaviour. 
Institution Info

Universitas Darul ulum