DETAIL DOCUMENT
PENGARUH INTENSITAS MENGHAFAL AL-QUR’AN SISWA DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DI MTSN 12 JOMBANG
Total View This Week0
Institusion
Universitas Darul ulum
Author
SULAIKAH, SULAIKAH
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2023-11-16 22:19:20 
Abstract :
Sulaikah, 19010027. Pengaruh Intensitas Menghafal Al-Qur?an Siswa dan Kompetensi Guru terhadap Prestasi Belajar Matematika di MTsN 12 Jombang. Universitas Darul Ulum Jombang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. H. Tadjoer Ridjal B., M.Pd., (2) Dr. H. Muhammad Farid, M.Si. ABSTRAK Belajar adalah salah satu bentuk kewajiban dari seorang siswa untuk menjadi seorang yang berilmu. Proses belajar ini dapat dilakukan siswa dengan rutin atau hanya terkadang saja karena adanya rasa malas dalam diri mereka. Hal ini menyebabkan mereka akan sulit menjadi siswa yang berprestasi. Semangat disiplin belajar harus ditingkatkan untuk meningkatnya prestasi siswa. Salah satu caranya adalah dengan menjadikan kompetensi guru sebagai dorongan untuk meningkatkan diplin belajar siswa. Pada kompetensi guru ini diharapkan memberikan pembelajaran dengan penyampaian yang menarik, sehingga siswa tidak akan malas dan bosen dalam belajar. Jika disiplin belajar siswa dan kompetensi guru sudah terpenuhi, maka diharapkan prestasi siswa dapat terjadi. Metode dan jenis penelitian ini menggunakan kuantitati. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa MTsN 12 Jombang Jombang. Sampel yang digunakan sebesar 132 siswa yaitu siswa kelas IX MTsN 12 Jombang. Berdasarkan dari penelitian ini didapatkan hasil adanya pengaruh Sikap disiplin belajar terhadap Prestasi belajar di MTsN 12 Jombang. Hal tersebut dapat dibuktikan berdasarkan hasil uji parsial (uji t) menggunakan SPSS menunjukkan bahwa nilai thitung 4,343 > ttabel 2,002 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Dengan demikian H0 ditolak atau Ha diterima. Ada pengaruh Kompetensi Guru terhadap Prestasi belajar di MTsN 12 Jombang. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji parsial (uji t.) menggunakan SPSS yang menyatakan bahwa nilai thitung 4,343 > ttabel 2,002 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Dengan demikian H0 ditolak atau Ha diterima. Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi, besarnya nilai Adjusted R Square adalah 0,536, hal ini menjelaskan bahwa pengaruh Sikap disiplin belajar dan kompetensi Guru dengan prestasi IPS siswa di MTsN 12 Jombang adalah sebesar 53,6% sedangkan sisanya yaitu 46,4% dipengaruhi oleh variabel yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Kata Kunci: Disiplin Belajar, Kompetensi Guru dan Prestasi Belajar Siswa. Sulaikah, 19010027. The Effect of Students' Al-Qur'an Memorisation Intensity and Teacher Competence on Mathematics Learning Achievement at MTsN 12 Jombang. University of Darul Ulum Jombang. Advisors: (1) Prof. Dr. H. Tadjoer Ridjal B., M.Pd., (2) Dr. H. Muhammad Farid, M.Si. ABSTRACT Learning is one of the obligations of a student to become a knowledgeable person. This learning process can be done by students regularly or only sometimes because of their laziness. This makes it difficult for them to become outstanding students. The spirit of learning discipline must be improved to increase student achievement. One way is to make teacher competence an impetus to improve student learning discipline. In this teacher competence is expected to provide learning with interesting delivery, so that students will not be lazy and bored in learning. If student learning discipline and teacher competence have been fulfilled, it is expected that student achievement can occur. This method and type of research uses quantitation. The sampling technique used purposive sampling. The population in this study were all students of MTsN 12 Jombang Jombang. The sample used was 132 students, namely class IX students of MTsN 12 Jombang. Based on this study, it was found that there was an effect of learning discipline attitude on learning achievement at MTsN 12 Jombang. This can be proven based on the results of the partial test (t test) using SPSS showing that the tcount value is 4.343> t table 2.002 and the significance value is 0.000 <0.05. Thus H0 is rejected or Ha is accepted. There is an effect of Teacher Competence on learning achievement at MTsN 12 Jombang. This can be seen from the partial test results (t test) using SPSS which states that the tcount value is 4.343> t table 2.002 and a significance value of 0.000 <0.05. Thus H0 is rejected or Ha is accepted. Based on the calculation of the coefficient of determination, the magnitude of the Adjusted R Square value is 0.536, this explains that the influence of the attitude of learning discipline and teacher competence with student social studies achievement at MTsN 12 Jombang is 53.6% while the remaining 46.4% is influenced by variables not discussed in this study. Keywords: Learning Discipline, Teacher Competence and Student Learning Achievement. 
Institution Info

Universitas Darul ulum