Abstract :
Pendidikan Al-Qur?an merupakan pendidikan non formal. Dimana TPQ mempunyai peranan yang sangat besar dalam dunia pendidikan, terutama pada pendidikan islam non formal. Perkembangan dunia pendidikan dewasa ini membutuhkan manajemen atau pengelolaan yang baik. Demikian juga dalam hal pembelajaran Al-Qur?an sangat diperlukan adanya penanganan yang serius baik dari segi ketepatan metode pembelajarannya, pendekatan atau perencanaan yang maatang. Karena ustadz atau ustadzah ini berupaya memberikan bekal dasar bagi anak usia dini untuk meeningkatkan taraf pengetahuan keagamaan dan membaca Al-Qur?an dengan baik dan benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran TPQ dalam meningkatkan kualitas kemampuan baca Al-Qur?an pada anak di Darul Fallah 2 Japanan Mojowarno Jombang dan untuk mengetahui apa saja kendala yang dihadapi dalam proses pembelajaran Al-Qur?an di TPQ Darul Fallah 2 Japanan Mojowarno Jombang. Penelitian ini bersifat kualitatif, dengan mengambil latar belakang TPQ Darul Fallah 2 Japanan Mojowarno Jombang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan penganalisisan data dilakukan dengan cara mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan berdasarkan data yang telah diambil. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa TPQ Darul Fallah 2 telah berusaha memaksimalkan kinerja dalam meningkatkan kualitas kemampuan baca Al-Qur?an pada anak di TPQ Darul Fallah 2 Japanan Mojowarno Jombang dengan menggunakaan metode yang bervariasi dan mengarahkan pembelajaran Al-Qur?an yang efektif dan efisien guna meningkatkan kualitas kemampuan baca Al-Qur?an pada anak. Kendala yang dihadapi dalam pembelajaran dalam meningkatkan kualitas kemampuan baca Al-Qur?an pada anak di TPQ Darul Fallah 2 Japanan Mojowarno Jombang difaktori dari berbagai hal baik faktor internal maupun faktor eksternal.
Kata Kunci: Peran TPQ, Kualitas Kemampuan Baca Al-Qur?an