DETAIL DOCUMENT
STRATEGI MENINGKATKAN KEPUASAN DAN LOYALITAS NASABAH DENGAN ASPEK E-COMMERCE, SOSIAL MEDIA DAN KUALITAS LAYANAN PADA PT BPR BANK BOYOLALI (PERSERODA)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Dharma AUB Surakarta
Author
IKA, HANDAYANI
Subject
AI Indexes (General) 
Datestamp
2021-12-04 02:15:44 
Abstract :
Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui dan menganalisis tentang strategi dalam meningkatkan kepuasan dan loyalitas nasabah PT BPR Bank Boyolali (Perseroda) dengan menggunakan aspek E-commerce, Sosial Media, serta Kualitas Layanan. Banyaknya sampel data nasabah pada PT BPR Bank Boyolali (Perseroda) sebanyak 100 nasabah. Metode analisis data yang digunakan diuji dengan uji validitas, reliabilitas, linieritas, uji t, analisa jalur, uji F, dan uji R square. Hasil analisis dari pengujian tersebut adalah semua item pertanyaan variabel dinyatakan valid, semua varibel dinyatakan reliabel, nilai R2 sebesar 0,000 sehingga nilai c2 hitung < c2 tabel dengan kata lain model yang benar adalah model linier. Uji F dengan hasil Aspek E-Commerce dan aspek social media berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah sedangkan aspek Kualitas Layanan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Nasabah tetapi tidak berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Nasabah, serta Kepuasan nasabah berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah. Koefisien determinasi (R square) menghasilkan nilai R2 total sebesar 0,838 yang berarti loyalitas nasabah dipengaruhi oleh aspek E-commerce, Sosial Media, Kualitas Layanan dan kepuasan sebesar 83,8% sehingga sisanya sebesar 16,2% dipengaruhi aspek lain diluar model penelitian, seperti aspek kepercayaan, produk, harga dan lain-lain. Hasil Analisis Jalur untuk aspek E-commerce dan Sosial Media berpengaruh secara langsung terhadap Loyalitas Nasabah tetapi aspek kualitas layanan berpengaruh tidak langsung terhadap Loyalitas Nasabah sebab harus melalui aspek Kepuasan Nasabah. Dengan hasil akhir Analisa Jalur pengaruh langsung Sosial Media terhadap Loyalitas Nasabah merupakan jalur yang paling efektif dan dominan dibandingkan jalur yang lain, karena memiliki nilai koefisien sebesar = 0,468. 
Institution Info

Universitas Dharma AUB Surakarta