Institusion
Universitas Dharma AUB Surakarta
Author
Nugrahini Indah, Kurnia Sari
Subject
AI Indexes (General)
Datestamp
2021-12-04 02:17:45
Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah menguji dan menganalisis secara empiris Kajian Kepuasan Nasabah Dan
Kepercayaan Sebagai Mediasi Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT BPR Bank Boyolali.
Data yang digunakan adalah data primer dengan mengambil sampel nasabah pada PT BPR Bank Boyolali (Perseroda)
sebanyak 100 nasabah. Metode analisa data diuji dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji liniertas, uji partial (uji t), uji
analisa jalur. uji serempak (uji F), dan uji R square. Hasil uji t yaitu Bukti fisik berpengaruh tidak signifikan terhadap
kepuasan nasabah Kehandalan berpengaruh tidak signifikan terhadap kepuasan nasabah, Daya tanggap berpengaruh
tidak signifikan terhadap kepuasan nasabah, Jaminan berpengaruh tidak signifikan terhadap kepuasan nasabah Empati
berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah PT BPR Bank Boyolali (Perseroda), Bukti fisik berpengaruh tidak
signifikan terhadap kepercayaan nasabah, Kehandalan berpengaruh tidak signifikan terhadap kepercayaan nasabah,
Daya tanggap berpengaruh tidak signifikan terhadap kepercayaan nasabah, Jaminan berpengaruh tidak signifikan
terhadap kepercayaan nasabah, Empati berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan nasabah, Bukti fisik berpengaruh
tidak signifikan terhadap loyalitas nasabah, Kehandalan berpengaruh tidak signifikan terhadap loyalitas nasabah, Daya
tanggap berpengaruh tidak signifikan terhadap loyalitas, Jaminan berpengaruh tidak signifikan terhadap loyalitas
nasabah, Empati berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah, Kepuasan berpengaruh tidak signifikan terhadap
loyalitas nasabah dan Kepercayaan berpengaruh tidak signifikan terhadap loyalitas nasabah PT BPR Bank Boyolali
(Perseroda). Berdasarkan uji serempak (Uji F) secara simultan atau bersama-sama variabel bukti fisik, kehandalan, daya
tanggap, jaminan ,empati, kepuasan dan kepercayaan berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas nasabah PT BPR
Bank Boyolali (Perseroda). Hasil Uji Determinasi (R2) nilai R2 square total sebesar 0,7912 yang artinya variabel
loyalitas nasabah PT BPR Bank Boyolali (Perseroda). dijelaskan oleh bukti fisik,kehandalan, daya tanggap, jaminan
dan empati, dengan kepuasan dan kepercayaan sebagai variabel interverning sebesar 79,12% dan sisanya sebesar 20,88
% dijelaskan faktor lain diluar model penelitian. Pengaruh langsung variabel daya tanggap dan jaminan terhadap
loyalitas nasabah lebih besar dari pengaruh tidak langsung nya melalui variabel kepuasan, maka dari itu variabel
kepuasan efektif menjadi variabel interverning variabel daya tanggap dan jaminan. Pengaruh langsung variabel bukti
fisik terhadap loyalitas nasabah lebih besar dari pengaruh tidak langsung nya melalui variabel kepercayaan, maka dari
itu variabel kepercayaan efektif menjadi variabel interverning variabel bukti fisik