DETAIL DOCUMENT
PERAN NILAI NASABAH, CITRA PERUSAHAAN, KUALITAS PELAYANAN, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP WORD OF MOUTH DAN PENGARUHNYA DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN NASABAH PADA PT BPR BANK BOYOLALI (PERSERODA)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Dharma AUB Surakarta
Author
Tri Hendra, Setiawan
Subject
AI Indexes (General) 
Datestamp
2021-12-06 05:01:22 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh langsung dan tidak langsung Peran Nilai Nasabah, Citra Perusahaan, Kualitas Pelayanan, Dan Kepercayaan Terhadap Word Of Mouth Dan Pengaruhnya Dalam Meningkatkan Kepuasan Nasabah Pada PT BPR Bank Boyolali (Perseroda). Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode analisis digunakan uji validitas dan uji reliabilitas, analisis jalur, uji t, uji F, dan uji koefisien determinasi. Sampel dalam penelitian ini adalah nasabah pada PT BPR Bank Boyolali (Perseroda) sejumlah 100 orang dengan sampling insidental. Uji t pada persamaan Pertama menunjukkan nilai nasabah dan citra perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan, sedangkan kualitas pelayanan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kepuasan dan kepercayaan berpengaruh positif tidk signifikan terhadap kepuasan. Uji t pada persamaan kedua menunjukkan nilai nasabah berpengaruh positif tidak signifikan terhadap word of mouth, citra perusahaan dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan, kepercayaan berpengaruh negatif namun tidak signifikan sedangkan kepuasan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap word of mouth . Hasil uji secara serempak (Uji F) menunjukkan bahwa secara simultan atau bersama-sama variabel nilai nasabah, citra perusahaan, kualitas pelayanan, kepercayaan berpengaruh secara signifikan terhadap word of mouth melalui kepuasan PT BPR Bank Boyolali (Perseroda). Nilai R2 square total sebesar 0,9932 yang artinya variabel word of mouth PT BPR Bank Boyolali (Perseroda). dijelaskan oleh nilai nasabah, citra perusahaan, kualitas pelayanan, kepercayaan dan kepuasan variabel interverning sebesar 99.32% dan sisanya sebesar 0,68% dijelaskan faktor lain diluar model penelitian, misalnya brand merk, promosi. Hasil analisis jalur menunjukkan bahwa jalur langsung kualitas pelayanan terhadap word of mouth merupakan jalur yang paling dominan atau efektif untuk meningkatkan word of mouth PT BPR Bank Boyolali 
Institution Info

Universitas Dharma AUB Surakarta