DETAIL DOCUMENT
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Research Based Learning Dan Pengaruhnya Terhadap Keterampilan Conjecturing Mahasiswa Dalam Kajian Local Antimagic Vertex Dynamic Coloring
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jember
Author
Wardani, Putu Liana
Subject
Research Based Learning 
Datestamp
2020-07-28 04:35:48 
Abstract :
Perguruan tinggi telah direkonstruksi kurikulum sesuai dengan Permenristek Dikti No. 44 tahun 2015 tentang SNPT dan Perpres No. 2 tahun 2010 tentang KKNI, kurikulum pada perguruan tinggi disebut dengan KPT 2013. Proses pembelajaran di perguruan tinggi telah menerapkan pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa guna berperan aktif pada kegiatan pembelajaran. Saat mahasiswa berpikir untuk menyelesaikan masalah maka mahasiswa tersebut cenderung menduga-duga bagaimana menemukan pemecahan masalah, sehingga mahasiswa membuat dugaan yang berdasarkan penalaran logika ataupun fakta namun belum dapat dipastikan kebenarannya atau dikenal dengan istilah konjektur. Sutarto, dkk. (2014) menyatakan konjektur merupakan suatu pernyataan yang dihasilkan dari proses penalaran, tapi kebenarannya belum dapat dipastikan. Proses conjecturing yang dilakukan pada penelitian ini termasuk conjecturing tipe induksi empiris dari bilangan berhingga kasus diskrit. Salah satu alternatif model pembelajaran yang bisa digunakan untuk pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan conjecturing mahasiswa yaitu research based learning. Menurut Dafik (2015: 6) RBL merupakan metode pembelajaran yang menggunakan contextual learning, authentic learning, problem-solving, cooperativelearning, hands on & minds on learning, dan inquiry discovery approach. Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis perangkat pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan conjecturing mahasiswa pada suatu kegiatan pembelajaran yang berbasis reseacrh based learning dalam menyelesaikan masalah local antimagic vertex dynamic coloring. Pada konsep local antimagic vertex dynamic coloring, mahasiswa diharapkan mampu membuat penemuan terkait local antimagic vertex dynamic coloring. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan memiliki rata-rata keseluruhan skor validasi rencana pembelajaran sebesar 3.79 dan presentase rata-rata keseluruhan validasi yaitu 92.625% , rata-rata keseluruhan skor validasi LKM sebesar 3.833 dan presentase rata-rata keseluruhan validasi yaitu 95.83%, dan rata-rata keseluruhan skor validasi post tes sebesar 3.83 dan presentase rata-rata keseluruhan validasi yaitu 95.8%. Berdasarkan kriteria kevalidan jika skor validasi berada pada rentang maka rencana pembelajaran yang dikembangkan oleh peneliti memenuhi kriteria valid. Perangkat dan pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kategori praktis berdasarkan penilaian pengamatan aktivitas dosen pada pertemuan pertama dan kedua maka nilai indikator dari setiap pertemuan rata-rata keseluruhan skor hasil observasi dosen yaitu 3,77 dan presentase rata-rata sebesar 94,33% yang artinya memenuhi kriteria baik . Perangkat dan pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kategori efektif berdasarkan penilaian pengamatan aktivitas mahasiswa persentase aktivitas mahasiswa pada pertemuan pertama 87,5% ; dan pertemuan kedua 90,25%. Maka berdasarkan kriteria keaktifan mahasiswa skor rata-rata memenuhi keriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil post tes antara kelas kontrol dan kelas eksperimen ada perbedaan yang siginifikan setelah diterapkan research based learning di dalam pembelajarannya. Kelas eksperimen dan kontrol masing-masing sebesar 69,58 dan 63,14 artinya bahwa rata-rata hasil keterampilan conjecturing mahasiswa kelas ekperimen lebih tinggi dari pada rata-rata hasil keterampilan conjecturing mahasiswa kelas kontrol dan menunjukan pembelajaran research based learning berpengaruh lebih besar terhadap keterampilan conjecturing. Nilai kelas eksperimen secara signifikan lebih baik karena didukung oleh pembelajaran RBL untuk meningkatkan keterampilan conjecturing mahasiswa. Hasil uji independen post tes diperoleh varians nilai sig. (2-tailed) 0.007 < 0.05. Dapat disimpulkan bahwa hasil postes antara kelas kontrol dan kelas eksperimen ada perbedaan yang siginifikan setelah diterapkan research based learning di dalam pembelajarannya. 

Institution Info

Universitas Jember