DETAIL DOCUMENT
Prosedur Pengelolaan Arsip DI Bagian Sekretariat Pada Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Jember
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jember
Author
Maria Ulfa, Riska
Subject
Pengelolaan Arsip 
Datestamp
2020-08-07 03:08:03 
Abstract :
Pekerjaan dan kegiatan di instansi atau organisasi memerlukan data dan informasi. Salah satu sumber data adalah arsip. Arsip dibutuhkan dalam kegiatan administrasi pada instansi negara maupun instansi swasta untuk membantu mencari kembali data dan dokumen yang sudah terjadi. Gie (1979) menyatakan bahwa arsip merupakan kumpulan dokumen yang disimpan secara sistematis karena dapat diperlukan kegunaannya suatu waktu. Menurut Basir (2000:2) arsip dapat diartikan sebagai pencatatan penanganan, penyimpanan dan pemeliharaan surat-surat atau warkat-warkat yang mempunyai arti penting baik ke dalam maupun ke luar, baik yang menyangkut soal-soal pemerintahan maupun non- pemerintahan dengan menerapkan kebijaksanaan dan sistem tertentu yang dapat dipertanggungjawabkan. Tanpa arsip, tidak mungkin seseorang dapat mengingat dokumen dengan lengkap atau catatan yang begitu kompleks. Pengelolaan arsip yang sistematis sangat diperlukan di dalam suatu instansi. Setiap instansi perlu melakukan pengelolaan arsip agar dapat memudahkan dalam mencari dokumen, karena arsip sendiri terdiri dalam jumlah yang sangat banyak. 

Institution Info

Universitas Jember