DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Video Demonstrasi Percobaan Fluida Statis Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jember
Author
Eka Putri, Wahdania
Subject
Video Demonstrasi 
Datestamp
2020-08-12 03:49:37 
Abstract :
Pada umumnya pembelajaran Fisika cenderung monoton dengan aktivitas sains termasuk rendah. Keterampilan proses sains berkaitan erat terhadap pembelajaran fisika. Rendahnya keterampilan proses sains dapat berakibat terhadap ketuntasan hasil belajar siswa. Kegiatan eksperimen atau praktikum sebenarnya lebih efektif dilakukan di laboratorium. Kenyataan yang ada di lapangan menunjukkan bahwa alat praktikum di sekolah kurang memadai untuk melakukan percobaan fluida statis dan umumnya terbatas pada materi tertentu saja. Sehingga pembelajaran yang terjadi di kelas adalah siswa hanya menyelesaikan soal yang diberikan oleh guru dengan pemberian rumus yang rumit tanpa memberikan kesempatan kepada siswa untuk menuangkan kreatifitas dan keterampilan yang siswa miliki melalui kegiatan praktikum. Kegiatan eksperimen atau praktikum dapat dilakukan tanpa alat laboratorium seperti biasa. Hal ini dapat dilakukan dengan menyajikan media praktikum berbasis video dalam pembelajaran fluida statis 

Institution Info

Universitas Jember