DETAIL DOCUMENT
Gambaran Perilaku Perundungan Pada Anak Sekolah Dasar
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jember
Author
ISTIGHFARA, Janna Ni’ma
Subject
Bullying 
Datestamp
2020-11-25 20:28:18 
Abstract :
Anak dengan usia sekolah dasar selama proses pembelajaran memerlukan fasilitas bimbingan terkait perilaku perundungan. Masa anak sekolah dasara ini memiliki rasa keingintahuan yang sangat kuat untuk mencoba hal-hal baru kepada teman sebayanya maupun kepada yang lebih muda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku perundungan pada anak sekolah dasar di Kecamatan Tapen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku perundungan pada anak sekolah dasar. Desain penelitian adalah kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Sampel yang diperoleh sebanyak 122 siswa. Instrument penelitian berupa kuesioner Peer Interactions in Primary School (PIPS) concurrent dengan hasil 0,72 untuk victim dan 0,63 untuk bully, dengan jumalah pertanyaan 18 soal dengan indicator 9 pelaku dan 9 korban. Metode yang digunakan menggunakan total sampling diolah dengan SPSS. Hasil analisis menunjukkan bahwa anak sekolah dasar (68,9%) siswa sekolah dasar mengalami perundungan baik sebagai pelaku maupun korban. Sejumlah (23,8%) siwa sekolah dasar merupakan korban perundungan dan sebagian kecil yang bukan menjadi pelaku ataupun korban sejumlah (1,6%). Tingkat perilaku perundungan yang terjadi dapat mempengaruhi dan mengubah prespsi serta perilaku siswa. 

Institution Info

Universitas Jember