DETAIL DOCUMENT
Meningkatkan Kemampuan Siswa Berbicara Melalui Metode Bermain Di Kelas I SDN No.93 Sipatana Kota Gorontalo
Total View This Week5
Institusion
Universitas Negeri Gorontalo
Author
TITIE YULIANTY SABIHI (STUDENT ID : 103812012)
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd (LECTURER ID : 0014046012)
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum (LECTURER ID : 0007105810)
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2014-09-10 00:00:00 
Abstract :
ABSTRAK TITIE YULIANTY SABIHI, 2014. "Meningkatkan Kemampuan Siswa Berbicara Melalui Metode Bermain Di Kelas I SDN No.93 Sipatana Kota Gorontalo", e-TA. Program studi PJJ Mandiri Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo, 2014. Pembimbing I Dr.Hj.Rusmin Husain,S.Pd, M.Pd, dan Pembimbing II Dra.Dajani Suleman, M.Hum. Permasalahan dalam penelitian ini adalah "Apakah melalui metode bermain dapat meningkatkan kemampuan siswa berbicara di kelas I SDN No.93 Sipatana Kota Gorontalo?" Tujuan penelitian ini adalah Untuk meningkatkan kemampuan siswa berbicara melalui metode bermain di kelas I SDN No.93 Sipatana Kota Gorontalo.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskritif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan materi berbicara. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan analisis data dilaksanakan secara kualitatif dan kwantitatif. Dari hasil penelitian tindakan kelas pada data awal diperoleh data, dari jumlah siswa 29 orang yang dikenai tindakan hanya 4 orang siswa (13,8%) yang memiliki kemampuan berbicara nilai rata-rata 53, pada siklus I hanya sebanyak 20 orang siswa (69%) yang memiliki kemampuan berbicara dengan nilai rata-rata 68,10. Dan siklus II meningkat menjadi 27 orang siswa (93,1%) atau dikatakan sudah memiliki kemampuan berbicara bisa dengan nilai rata-rata 80,2. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa pada aspek berbicara dapat meningkat melalui metode bermain. KATA KUNCI: Berbicara, Metode Bermain. 
Institution Info

Universitas Negeri Gorontalo