DETAIL DOCUMENT
Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Cerita Rekaan Melalui Model Group Investigation Di Kelas IV SDN 4 Talaga Jaya Kabupaten Gorontalo
Total View This Week5
Institusion
Universitas Negeri Gorontalo
Author
YULAN THALIB (STUDENT ID : 103812013)
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd (LECTURER ID : 0014046012)
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum (LECTURER ID : 0007105810)
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2014-09-10 00:00:00 
Abstract :
ABSTRAK Yulan Thalib, 2014. Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Cerita Rekaan Melalui Model Group Investigation Di Kelas IV SDN 4 Talaga Jaya Kabupaten Gorontalo. e-TA Program Studi PJJ Mandiri S 1 PGSD Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Univesitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Rusmin Husain, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Dajani Suleman, M.Hum. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah " Apakah dengan menggunakan model Group Investigation dapat meningkatkan kemampuan siswa menulis certita rekaan di kelas IV SDN 4 Talaga Jaya Kabupaten Gorontalo? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa menulis cerita rekaan melalui model group investigation di kelas IV SDN 4 Talaga Jaya Kabupaten Gorontalo. Metode penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan mengunakan teknik pengumpulan melalui observasi, tes dan dokumentasi dan subjek dalam penelitian ini adalah 19 orang siswa kelas IV SDN 4 Talaga Jaya Kabupaten Gorontalo. Berdasarkan penelitian yang dilakukan adalah peneliti memperoleh hasil kemampuan siswa menulis cerita rekaan. Pada hasil observasi awal 4 orang siswa atau 21 % siswa yang mampu, 1 orang siswa atau sekitar 5 % yang kurang mampu dan 14 orang siswa atau 74 % siswa yang tidak mampu. Sedangkan pada siklus I 8 orang siswa atau 42% siswa yang mampu, 1 orang siswa atau sekitar 5% yang kurang mampu dan 10 orang siswa atau 53 % siswa yang tidak mampu. Kemudian pada siklus II meningkat menjadi16 orang siswa atau 84 % siswa yang mampu, 3 orang siswa atau 16 % yang kurang mampu, dan 0 orang siswa atau 0% yang tidak mampu. Dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis cerita rekaan dapat ditingkatkan melalui model group investigation. Kata Kunci : Kemampuan, Menulis Cerita rekaan, Group Investigation 
Institution Info

Universitas Negeri Gorontalo