DETAIL DOCUMENT
Meningkatkan Prestasi belajar Siswa Pada Materi Mengenal Jenis-Jenis pekerjaan melalui Model pembelajaran example non example pada Siswa Kelas III SDN 07 Tilango Kabupaten Gorontalo. E-TA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Gorontalo
Author
SITTI RIA MARYAM IDRIS (STUDENT ID : 103812027)
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si (LECTURER ID : 0022026105)
Dra ELMIA UMAR, M.Pd (LECTURER ID : 0023085805)
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2014-09-10 00:00:00 
Abstract :
ABSTRAK Sitti Ria Maryam Idris. 2014. Meningkatkan Prestasi belajar Siswa Pada Materi Mengenal Jenis-Jenis pekerjaan melalui Model pembelajaran example non example pada Siswa Kelas III SDN 07 Tilango Kabupaten Gorontalo. E-TA. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Drs. H. Haris Mahmud, S.Pd, M.Si, Pembimbing II : Dra. Elmia Umar, M.Pd Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah "Apakah prestasi belajar siswa pada materi mengenal jenis-jenis pekerjaan pada siswa kelas III SDN 07 Tilango Kabupaten Gorontalo dapat ditingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran example non example?". Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi mengenal jenis-jenis pekerjaan melalui model pembelajaran example non example pada siswa kelas III SDN 07 Tilango Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas dan teknik pengumpulan data observasi serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis porsentase. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari tahap awal, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi. Pada observasi awal hanya sebesar hanya sebanyak 8 siswa (47.62%) dari 21 siswa yang memiliki motivasi yang tinggi dalam belajar, pada siklus I hal ini mengalami peningkatan 15 siswa (71.43%). Pada siklus II jumlah ini mengalami peningkatan menjadi 19 siswa (90,47%) dari 21 siswa yang ada di SDN 07 Tilango Kabupaten Gorontalo yang memiliki hasil belajar sesuai dengan yang diharapkan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa Prestasi belajar siswa dapat ditingkatkan melalui penggunaan model pembelajaran example non example. Kata Kunci: Prestasi belajar , example non example 
Institution Info

Universitas Negeri Gorontalo