DETAIL DOCUMENT
Meningkatkan Kemampuan Menentukan Jaring-Jaring Kubus dan Balok Melalui Metode Demonstrasi pada Siswa Kelas IV SDN 7 Tilango Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo
Total View This Week26
Institusion
Universitas Negeri Gorontalo
Author
NURAFNI USMAN (STUDENT ID : 103812040)
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. (LECTURER ID : 0005035908)
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd (LECTURER ID : 0018025904)
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2015-02-18 00:00:00 
Abstract :
ABSTRAK Nurafni Usman. 2015. "Meningkatkan Kemampuan Menentukan Jaring-Jaring Kubus dan Balok Melalui Metode Demonstrasi pada Siswa Kelas IV SDN 7 Tilango Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo". Skripsi Program Studi PJJ Mandiri S-I PGSD Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Martianty Nalole, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Samsiar RivaI, S.Pd, M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah kemampuan menentukan jaring-jaring kubus dan balok dapat ditingkatkan melalui metode demonstrasi pada siswa kelas IV SDN 7 Tilango Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo ? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menentukan jaring-jaring kubus dan balok melalui metode demonstrasi pada siswa kelas IV SDN 7 Tilango Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi, dan tahap analisis dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I dari total jumlah siswa 26 orang yang dikenai tindakan, terdapat hanya 14 siswa yang berkemampuan menentukan jaring-jaring kubus dan balok atau 53,8% siswa yang memperoleh nilai minimal 75 ke atas, sedangkan 12 siswa atau 46,2% siswa yang memperoleh nilai di bawah 75. Dihubungkan dengan indikator keberhasilan penelitian yang menetapkan minimal 84,6% siswa memperoleh nilai 75 ke atas berarti indikator kinerja yang ditetapkan belum tercapai, sehingga penelitian ini dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II hasil yang dicapai yaitu dari 26 siswa yang dikenai tindakan, terdapat 22 siswa berkemampuan menentukan jaring-jaring kubus dan balok atau 84,6 % sedangkan 4 siswa atau 84,6% siswa yang memperoleh nilai di bawah 75. Dari hasil penelitian yang dilakukan disimpulkan bahwa melalui metode demonstrasi kemampuan menentukan jaring-jaring kubus dan balok pada siswa kelas IV SDN 7 Tilango Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo meningkat. Kata Kunci : Kemampuan, Menentukan, Jaring-Jaring, Kubus, Balok, Metode Demonstrasi 
Institution Info

Universitas Negeri Gorontalo