DETAIL DOCUMENT
HUBUNGAN ANTARA KECERDSAN EMOSIONAL DENGAN POLA ASUH ORANG TUA PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 4 GORONTALO
Total View This Week28
Institusion
Universitas Negeri Gorontalo
Author
NURMILA PURNAMASARI OKA (STUDENT ID : 111408078)
Prof. Dr. WENNY HULUKATI, M.Pd (LECTURER ID : 0018095706)
Dra. MARYAM RAHIM, M.Pd (LECTURER ID : 0018075910)
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2013-02-21 00:00:00 
Abstract :
ABSTRAK Nurmila Purnamasari Oka. 2013. Hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Pola Asuh Orang Tua pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 4 Gorontalo. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri gorontalo. Pembimbing I DR. Hj. Wenny Hulukati, M.pd dan pembimbing II Dra. Hj. Maryam Rahim, M.pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh gejala yang terjadi di SMA Negeri 4 Gorontalo tentang kecerdasan emosional siswa kelas XI IPS rendah. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memperoleh gambaran tentang hubungan antara kecerdasan emosional dengan pola asuh orang tua melalui korelasi. Penelitian ini adalah penelitian korelasi yang terdiri dari dua variabel yaitu variabel X (Pola Asuh Orang Tua) dengan indicator : a) pola asuh otoriter, b) pola asuh autoritatif, c) pola asuh perisif, d) pola asuh overprotected (perlindungan berlebihan) dan variabel Y (Kecerdasan Emosioanl) dengan indicator a) mengenali emosi diri, b) mengelola emosi, c) memotivasi diri, d) mengenali emosi orang lain, e) membina hubungan. Anggota populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah 182 orang dari 5 kelas dengan sampel 55% atau 30 orang. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik angket yang berisi pernyataan aspek-aspek variabel X dan Y. Dari hasil analasis data diperoleh korelasi sebesar r = 0,464, dengan koefisien determinasinya adalah 0,216, yang berarti terdapat hubungan antara kecerdasan emosional dengan pola asuh orang tua. 21,6% kecerdasan emosional dipengaruhi oleh pola asuh orang tua dan 78,4% dipengaruhi oleh faktor lain di antaranya faktor lingkungan sosial, faktor perkembangan intelek dan faktor pertumbuhan fisik, dan lain-lain. Dari hasil perhitungan uji keberartian korelasi diperoleh sebesar 2,774 sedangkan dalam daftar pada taraf nyata 0,01 diperoleh . Dari hasil perhitungan, lebih besar dari yaitu 2,774 > 2,47 sehingga dapat disimpulkan bahwa koefisien korelasinya signifikan. Berdasarkan hasil analisis tersebut, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa hipotesis yang berbunyi : “Terdapat hubungan antara kecerdasan emosional dengan pola asuh orang tua pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 4 Gorontalo”, diterima. Kata Kunci : Kecerdasan Emosional, Pola Asuh Orang Tua  
Institution Info

Universitas Negeri Gorontalo