Institusion
Universitas Negeri Gorontalo
Author
SITI NUR'AIN U ADAM (STUDENT ID : 111408109)
Dra. MARYAM RAHIM, M.Pd (LECTURER ID : 0018075910)
MURHIMA A KAU, S.Psi, M.Si (LECTURER ID : 0030047303)
Subject
L Education (General)
Datestamp
2013-02-21 00:00:00
Abstract :
ABSTRAK
Siti Nur’ain Adam. 2013. Hubungan antara Kondisi Lingkungan Sekolah
dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Gorontalo. Skripsi,
Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri
gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Maryam Rahim, M.pd dan pembimbing II Hj.
Murhima Kau, S.Psi, M.Psi.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta yang terjadi di SMK Negeri 1 Gorontalo
tentang prestasi belajar siswa kelas XI rendah. Penelitian ini dilaksanakan dengan
tujuan untuk memperoleh gambaran tentang hubungan antara kondisi lingkungan
sekolah dengan prestasi belajar siswa
Penelitian ini adalah penelitian korelasi yang terdiri dari dua variable yaitu
variable X (Kondisi Lingkungan Sekolah) dan variable Y (Prestasi Belajar Siswa.
Anggota populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah 177
orang dari 5 kelas dengan sampel 54% atau 30 orang. Teknik yang digunakan
dalam pengumpulan data adalah teknik angket yang berisi pernyataan aspek-aspek
variable X dan Y.
Dari hasil analasis data diperoleh korelasi sebesar r = 0,659, dengan koefisien
determinasinya adalah 0,4342, yang berarti terdapat hubungan antara kondisi
lingkungan sekolah dengan prestasi belajar. 43,42% prestasi belajar siswa
dipengaruhi oleh kondisi lingkungan sekolah dan 56,58% dipengaruhi oleh faktor
lain yang tidak terdesain oleh peneliti. Dari hasil perhitungan uji keberartian
korelasi diperoleh sebesar 4,63 sedangkan dalam daftar t pada taraf nyata
0,01 diperoleh 0,99(30 2) t 2,47 0,99(28) t . Dari hasil perhitungan, t hitung lebih
besar dari t tabel yaitu 2,774 < 2,47 sehingga dapat disimpulkan bahwa koefisien
korelasinya signifikan.
Berdasarkan hasil analisis tersebut, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa
hipotesis yang berbunyi : “Terdapat hubungan antara kondisi lingkungan sekolah
dengan prestasi belajar siswa kelas XI SMK Negeri 1 Gorontalo”, diterima.