DETAIL DOCUMENT
HUBUNGAN ANTARA KONDISI LINGKUNGAN SEKOLAH DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 GORONTALO
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Gorontalo
Author
SITI NUR'AIN U ADAM (STUDENT ID : 111408109)
Dra. MARYAM RAHIM, M.Pd (LECTURER ID : 0018075910)
MURHIMA A KAU, S.Psi, M.Si (LECTURER ID : 0030047303)
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2013-02-21 00:00:00 
Abstract :
ABSTRAK Siti Nur’ain Adam. 2013. Hubungan antara Kondisi Lingkungan Sekolah dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Gorontalo. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Maryam Rahim, M.pd dan pembimbing II Hj. Murhima Kau, S.Psi, M.Psi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta yang terjadi di SMK Negeri 1 Gorontalo tentang prestasi belajar siswa kelas XI rendah. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memperoleh gambaran tentang hubungan antara kondisi lingkungan sekolah dengan prestasi belajar siswa Penelitian ini adalah penelitian korelasi yang terdiri dari dua variable yaitu variable X (Kondisi Lingkungan Sekolah) dan variable Y (Prestasi Belajar Siswa. Anggota populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah 177 orang dari 5 kelas dengan sampel 54% atau 30 orang. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik angket yang berisi pernyataan aspek-aspek variable X dan Y. Dari hasil analasis data diperoleh korelasi sebesar r = 0,659, dengan koefisien determinasinya adalah 0,4342, yang berarti terdapat hubungan antara kondisi lingkungan sekolah dengan prestasi belajar. 43,42% prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh kondisi lingkungan sekolah dan 56,58% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak terdesain oleh peneliti. Dari hasil perhitungan uji keberartian korelasi diperoleh sebesar 4,63 sedangkan dalam daftar t pada taraf nyata 0,01 diperoleh 0,99(30 2) t 2,47 0,99(28) t . Dari hasil perhitungan, t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 2,774 < 2,47 sehingga dapat disimpulkan bahwa koefisien korelasinya signifikan. Berdasarkan hasil analisis tersebut, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa hipotesis yang berbunyi : “Terdapat hubungan antara kondisi lingkungan sekolah dengan prestasi belajar siswa kelas XI SMK Negeri 1 Gorontalo”, diterima. 
Institution Info

Universitas Negeri Gorontalo