DETAIL DOCUMENT
HUBUNGAN ANTARA LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN POTENSI KEPEMIMPINAN SISWA DI SMK NEGERI 3 KOTA GORONTALO
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Gorontalo
Author
FREZY PAPUTUNGAN (STUDENT ID : 111408174)
Dra. MARYAM RAHIM, M.Pd (LECTURER ID : 0018075910)
Prof. Dr. WENNY HULUKATI, M.Pd (LECTURER ID : 0018095706)
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2013-02-21 00:00:00 
Abstract :
ABSTRAK Frezy Paputungan. Hubungan Antara Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Potensi Kepemimpinan Siswa Di Smk Negeri 3 Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Ibu Dra. Hj. Maryam Rahim, M.Pd, M. dan Pembimbing II Ibu Dr. Hj. Wenny Hulukati, M.Pd. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah Apakah layanan bimbingan kelompok mempunyai hubungan dengan potensi kepemimpinan siswa?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan layanan bimbingan kelompok dengan potensi kepemimpinan siswa di SMK Negeri 3 Kota Gorontalo. Manfaat yang diharapkan dari penelitian ini adalah manfaat secara teoritis yakni dapat memberi sumbangan referensi di bidang pelayanan bimbingan dan konseling serta praktis yaitu bermanfaat untuk menambah pengetahuan guru dan guru bimbingan dan konseling demi kemajuan siswa khususnya di Sekolah Menengah Umum. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 3 Kota Gorontalo. Penelitian korelasional ini dilakukan diseluruh kelas 2 dengan jumlah populasi 448 orang dan sampel sebanyak 30 orang siswa, yang bertempat di SMK Negeri 3 Gorontalo. Metode korelasional dipilih untuk meneliti hubungan antara layanan bimbingan kelompok dengan potensi kepemimpinan siswa. Variabel penelitian yaitu Layanan Bimbingan Kelompok (Variabel X) dan Potensi Kepemimpinan Siswa (Variabel Y). Dari hasil analisis data dan pembahasan sebelumnya, dapat ditarik kesimpulan , layanan bimbingan kelompok mempunyai konstribusi terhadap potensi kepemimpinan siswa. Hal ini ditunjukkan oleh pola hubungan persamaan regresi ? = 49.6 + 0.25X yang berarti bahwa untuk setiap pelaksanaan variabel Y (layanan bimbingan kelompok) rata-rata potensi yang dimiliki siswa (potensi kepemimpinan) siswa meningkat 0,25 %. Hal ini menunjukkan bahwa hubungan Potensi Kepemimpinan Siswa dengan Layanan Bimbingan Kelompok merupakan  
Institution Info

Universitas Negeri Gorontalo