DETAIL DOCUMENT
Hubungan antara Pelaksanaan layanan Konseling Kelompok dengan Pembentukan Karakter Pada Siswa di SMA Negeri 1 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Gorontalo
Author
NOFRINA KADIR (STUDENT ID : 111409010)
Dra. RENA MADINA, M.Pd (LECTURER ID : 0022075913)
IRVAN USMAN, S.Psi, M.Si (LECTURER ID : 0002077703)
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2013-02-21 00:00:00 
Abstract :
ABSTRAK Kadir Nofrina. NIM. 111 409 010. Hubungan antara Pelaksanaan layanan Konseling Kelompok dengan Pembentukan Karakter Pada Siswa di SMA Negeri 1 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Universitas Negeri Gorontalo Fakultas Ilmu Pendidikan Jurusan Bimbingan dan Konseling . Pembimbing I Dra. Hj. Rena L.Madina, M.Pd dan Pembimbing II Irvan Usman, S.Psi. M.Si Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh nilai numerik tantang hubungan antara pelaksanaan konseling kelompok dengan pembentukan karakter siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo melalui indikator yang dijabarkan kedalam sub indikator menjadi pernyataan bagi siswa yang disusun secara terstruktur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Telaga Biru tahun pelajaran 2012/2013 sebanyak 417 orang, dengan sampel penelitian 10% dari jumlah populasi yang dibulatkan menjadi 42 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data dilakukan yaitu uji normalitas data, analisis regresi, korelasional linier dan uji Hipotesis. Hasil penelitian tersebut adalah persamaan linier diperoleh ? = 3,156 + 1,009 X. Artinya: setiap perubahan satu satuan skor pada variabel X (layanan konseling kelompok) akan diikuti oleh perubahan rata-rata 1,009 unit pada variabel Y (pembentukan karakter) pada konstan 3.156. Sedangkan koefisien korelasi sebesar 0,847 dengan indeks determinasi sebesar 0,717 atau 71,7 %. Jadi hubungan pelaksanaan layanan Konseling Kelompok dengan Pembentukan karakter pada Siswa sebesar 71,7 %. Sedangkan sisanya 28.3% dihubungkan oleh faktor lain yang tidak didesain oleh peneliti misalnya pola asuh orang tua atau lingkungan sekitar. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Kata Kunci : Konseling Kelompok, Pembentukan Karakter  
Institution Info

Universitas Negeri Gorontalo