DETAIL DOCUMENT
HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KONSEP DIRI AKADEMIK SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 1 LIMBOTO KABUPATEN GORONTALO
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Gorontalo
Author
MILKA PRATIWI AYUBA (STUDENT ID : 111409017)
Dra. RENA MADINA, M.Pd (LECTURER ID : 0022075913)
IRPAN A KASAN, S.Ag, M.Pd (LECTURER ID : 0008067506)
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2013-09-10 00:00:00 
Abstract :
ABSTRAK Milka Pratiwi Ayuba. 2013. Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Konsep Diri Akademik Siswa Kelas X di SMK Negeri 1 Limboto Kabupaten Gorontalo. Skiripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Rena L. Madina, M.Pd dan pembimbing II Irpan Kasan, S.Ag, M.Pd. Permasalahan yang dihadapi di SMK Negeri 1 Limboto adalah masih ada siswa yang memiliki konsep diri akademik negatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan konsep diri akademik siswa kelas X di SMK Negeri 1 Limboto kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasi. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket. Anggota populasi yang menjadi objek penelitian adalah seluruh siswa kelas X di SMK Negeri 1 Limboto yang berjumlah 352 orang, sedangkan yang menjadi sampel penelitian adalah 15% dari jumlah populasi yaitu 53 orang siswa. Dari hasil perhitungan diperoleh persamaan regresi ? = 44,79+0,58x, hal ini berarti bahwa setiap terjadi peningkatan sebesar satu unit pada variabel X (pola asuh orang tua) akan berakibat terjadinya peningkatan rata-rata 0,58 unit pada variabel Y (konsep diri akademik siswa). Dengan kata lain semakin baik pola asuh orang tua, semakin positif konsep diri akademik siswa. Sebaliknya semakin buruk pola asuh orang tua, semakin negatif konsep diri akademik siswa. Selanjutnya dari hasil perhitungan koefisien korelasi diperoleh harga r = 0,57 dengan koefisien determinasi r2 = 0,3249. Hal ini berarti bahwa sekitar 32,49% variasi yang terjadi pada variabel Y (konsep diri akademik siswa) dapat dijelaskan oleh variabel X (pola asuh orang tua). Selanjutnya dari uji keberartian koefisien korelasi diperoleh thitung = 4,95 dan t(0,975)(51) = 2,00. Ternyata harga t hitung > ttabel, atau harga thitung berada diluar penerimaan H0, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan menerima H1. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis tersebut, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa hipotesis yang berbunyi “terdapat hubungan antara pola asuh orang tua dengan konsep diri akademik siswa kelas X di SMK Negeri 1 Limboto kabupaten Gorontalo” dapat diterima. Selanjutnya dikemukakan saran kepada (a) orang tua agar menerapkan pola asuh yang baik dan sesuai dengan kebutuhan anak, agar dapat terbentuk konsep diri akademik yang positif dalam diri siswa (b) saran bagi guru pembimbing agar memberikan layanan konseling kepada siswa yang masih memiliki konsep diri akademik negatif dengan maksud untuk menggali permasalahan yang dialami siswa terutama yang berkaitan dengan masalah akademiknya. Kata kunci : Pola Osuh Orang Tua, Konsep Diri Akademik Siswa  
Institution Info

Universitas Negeri Gorontalo