DETAIL DOCUMENT
Meningkatkan Kemampuan Bereksplorasi Anak Melalui Teknik Bermain Kelompok Di TK Al-Huda Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Gorontalo
Author
ASNA TOMAYAHU (STUDENT ID : 111409032)
Dra. RENA MADINA, M.Pd (LECTURER ID : 0022075913)
IRVAN USMAN, S.Psi, M.Si (LECTURER ID : 0002077703)
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2013-02-21 00:00:00 
Abstract :
ABSTRAK Asna Tomayahu. Nim. 111 409 032 Meningkatkan Kemampuan Bereksplorasi Anak Melalui Teknik Bermain Kelompok di TK Alhuda Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo. Skripsi Jurusan Bimbingan Dan Konseling,Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo 2013. Pembimbing I Dra.Hj. Rena L. Madina, M.Pd. dan Pembimbing II IrvanUsman S. PSi.M.Si. Permasalahanya dalam penelitian ini adalah belum optimalnya hanya kemampuan bereksplorasi anak TKAlhuda, Kota Selatan Kota Gorontalo.hal ini di sebabkan oleh antaralain :kurangnya kepedulian anak terhadap lingkungan sekitar ,serta kemampuan anak dalam menyampaikan hasil pengamatan masih kurang.tujuan penelitian adalah: untuk meningkatkan kemampuan bereksplorasi anak melalui teknik bermain kelompok,hipotesis tindakan adalah: jika guru menggunakan teknik bermain kelompok ,maka kemampuan bereksplorasi anak di TK Alhuda Kota Selatan Kota Gorontalo,dapat di tingkatkan. Subjek yang di kenakan tindakan adalah 25 anak kelompok B tahun pelajaran 2012- 2013. Kemampuan bereksplorasi di kaji melalui tiga indikator yakni kemampuan anak dalam mengenal lingkungan sekitar ,kemampuan anak mengamati suatu objek dalam di lingkungan sekitar dan kemampuan anak menyampaikan hasil pengamat suatu objek indikator, keberhasilan kinerja adalah meningkatnya kemampuan bereksplorasi anak TK Alhuda Kota Selatan Kota Gorontalo pada observasi awal, siklus I pertemuan 1dari 12 orang (48%),pada siklus III meningkat menjadi 20 orang (80%) dari jumlah anak 25 orang. Hasil penelitian ini menujukan bahwa sesuai analisa data pada observasi awal sebelum di kenakan tindakan kelas, 12 orang anak atau 48% dari keseluruhan anak yang telah memiliki kemampuan eksplorasi dengan kategori mampu, pada akhir siklus III jumlah tersebut meningkatkan menjadi 80% dari keseluruhan anak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Teknik Bermain Kelompok Dapat Meningkatkan Kemampuan Bereksplorasi Anak TK Al-Huda Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo. Kata kunci : Teknik Bermain Kelompok, Kemampuan Bereksplorasi.  
Institution Info

Universitas Negeri Gorontalo