Institusion
Universitas Negeri Gorontalo
Author
MUHAMMAD ALAN MOODUTO (STUDENT ID : 111409033)
Dra. RENA MADINA, M.Pd (LECTURER ID : 0022075913)
IRPAN A KASAN, S.Ag, M.Pd (LECTURER ID : 0008067506)
Subject
L Education (General)
Datestamp
2013-09-10 00:00:00
Abstract :
ABTRASK
Moh. Alan Mooduto Nim 111 409 033 Analisis Manajemen Waktu Belajar Siswa Madrasah Aliyah Al-Hidayah Duminanga Kecamatan Bolaang Uki Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Jurusan Bimbingan Dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Uviersitas Negeri Gorontalo Pembimbing I :Dra. Hj.Rena L. Madina, M.Pd, Pembimbing II : Irpan A, Kasan, S.Ag. M.Pd.
Skripsi Ini membahas tentang masalah yang dihadapi oleh siswa yang ada di Madrasah Aliyah Al-Hidayah Duminanga. Dengan melihat realita di lapangan bahwa para siswa tidak menpergunakan waktunya diluar sekolah untuk melakukan aktivitas dengan sebaik-baiknya. Menjadi landasan teori yang digunakan adalah teori tentang manajemen waktu. Manajemen waktu menerapkan beberapa tahap yaitu merencanakan, mengelompokan, tindakan dan evaluasi.
Peneliti melakukan penelitian dengan tehnik penelitian kualitatif dengan menggunakan metode wawancara dan observasi. Peneliti menemukan para siswa yang di lapangan bahwa para siswa sudah menerapkan manajemen waktu tetapi masih belum maksimal karena terdapat beberapa faktor yang mempengaruhinya. Siswa telah membuat jadwal belajar di rumah dan disekolah siswa juga sudah dapat megelompokkan waktu yang akan didahulukan tetapi siswa disaat melakukan rencana yang telah dibuat terkadang siswa melupakan untuk mengerjakan dan siswa juga tidak melakukan evaluasi terdapat hasil belajar yang mereka dapatkan.
Oleh sebab itu peneliti menyipulkan bahwa siswa yang berada di sekolah Madrasah Aliyah Al-Hidayah Duminanga sudah menerapkan manajemen waktu tetapi masih belum maksimal. Peneliti memberikan saran yakni siswa harus mengikuti jadwal telah dibuat dengan sebaik-baiknya, para guru agar dapat membantu siswa dalam menerapkan disiplin terhadap jadwal yang telah dibuat, orang tua siswa agar kiranya dapat menperhatikan aktivitas yang dilakukan oleh siswa di rumah.
Kata Kunci : Manajemen Waktu Belajar