DETAIL DOCUMENT
Analisis Lingkungan Belajar SMK Negeri 1 Gorontalo
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Gorontalo
Author
YATI (STUDENT ID : 111409062)
Dra. MARYAM RAHIM, M.Pd (LECTURER ID : 0018075910)
IRPAN A KASAN, S.Ag, M.Pd (LECTURER ID : 0008067506)
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2013-09-10 00:00:00 
Abstract :
ABSTRAK Yati. 2013. Lingkungan Belajar SMK Negeri 1 Gorontalo. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Ibu Dra. Hj. Maryam Rahim, M.Pd dan Pembimbing II Bapak Irpan A. Kasan S.Ag, M.Psi. Penelitian ini merupakan suatu kajian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana lingkungan belajar SMK Negeri Gorontalo. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 1 Gorontalo yang berjumlah 870 orang dan terdistribusi pada 4 kelas. Sampel pada penelitian ini adalah kelas X AP1, AK4, ANKIM, dan UPW1 dengan jumlah 170 orang.Sampeliniditentukandenganmenggunakanteknikrandom sampling.Pengumpulan data yang dilakukanadalahdenganmenggunakan instrument berupaangket dilengkapi dengan observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa lingkungan belajar siswa SMK Negeri 1 Gorontalo dengan tiga indikator lingkungan fisik sekolah 86.35% dikategorikan tinggi, lingkungan akademik 85.64 % dikategorikan tinggi, dan lingkungan sosial dan psikologis 84.43 % dikategorikan tinggi. Jadi dapat disimpulkan bahwa lingkungan belajar siswa SMK Negeri 1 Gorontalo rata-rata berada pada kategori tinggi. Berdasarkan hasilpenelitian mengenai lingkungan belajar siswa SMK Negeri 1 Gorontalo, maka pada bagian ini disajikan saran-saran kepada berbagai pihak untuk dapat menciptakan lingkungan belajar yang kondusif: (a) Saran bagi guru pembimbing, Guru pembimbing hendaknya melakukan upaya untuk mengembangkan lingkungan belajar yang kondusif di sekolah baik lingkungan fisik, lingkungan akademik, dan lingkungan sosial-psikologis, (b) Saran bagi peneliti selanjutnya, Dalam pelaksanaan penelitian selanjutnya dapat lebih memperhatikan instrument yang akan digunakan. Pengembangan instrument harus memperhatikan segi bahasa dari tiap butir pernyataan, sehingga dapat mengumpulkan data mengenai lingkungan belajar siswa SMK Negeri 1 Gorontalo. Peneliti selanjutnya juga diharapkan dapat meneliti lingkungan belajar siswa dalam lingkup populasi yang luas, karena penelititan ini hanya dilakukan pada lingkungan belajar siswa saja, maka penelitian selanjutnya dapat dilakukan pada lingkungan belajar SMK Negeri 1 Gorontalo. Katakunci :Lingkungan Belajar  
Institution Info

Universitas Negeri Gorontalo