Institusion
Universitas Negeri Gorontalo
Author
SRI YULINDA P. HASANIA (STUDENT ID : 111409096)
Dra. MARYAM RAHIM, M.Pd (LECTURER ID : 0018075910)
IRVAN USMAN, S.Psi, M.Si (LECTURER ID : 0002077703)
Subject
L Education (General)
Datestamp
2013-09-10 00:00:00
Abstract :
ABSTRAK
Sri Yulinda P. Hasania. “Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi Terhadap Pemahaman Siswa Tentang Bimbingan dan Konseling Siswa Kelas XI SMA Negeri Bongomeme. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Maryam Rahim M.Pd dan Pembimbing II Irvan Usman S.Psi, M.si.
Permasalahan yang dihadapi siswa SMA Negeri I Bongomeme yakni siswa kurang memahami tentang bimbingan dan konseling, siswa belum memanfaatkan layanan BK, siswa merasa malu dengan guru BK, siswa belum mampu terbuka dalam menyelesaikan masalah, dan siswa tidak memahami pentingnya adannya bimbingan dan konseling. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok teknik diskusi terhadap pemahaman siswa tentang bimbingan dan konseling melalui suatu eksperimen.
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang menggunakan desain “one group pretest and post test design”. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel X (Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi) dan variabel Y (Pemahaman Siswa Tentang Bimbingan dan Konseling). Anggota populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMA Negeri I Bongomeme yang berjumlah 268 orang yang terbagi dalam 8 kelas. Sedangkan yang menjadi anggota sampel 15 orang (menggunakan batas sampel minimal penelitian eksperimen). Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah secara random. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket. Angket yang disebarkan sebanyak dua kali yakni sebelum pemberian tindakan dan sesudah pemberian tindakan. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji t.
Dari hasil perhitungan diperoleh harga thitung sebesar -5,10. Sedang dari daftar distribusi t pada taraf nyata 5% diperoleh t(0.975;28) = 2,05. Hal itu berarti bahwa hipotesis yang berbunyi teknik diskusi berpengaruh terhadap pemahaman siswa tentang bimbingan dan konseling, dapat diterima. Berdasarkan hasil penelitian maka teknik diskusi sangat tepat dilakukan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang bimbingan dan konseling.
Kata kunci : Teknik Diskusi, Pemahaman Siswa Tentang Bimbingan dan Konseling.