DETAIL DOCUMENT
Hubungan Status Sosial Dengan Interaksi Sosial Siswa Kelas VII di SMP Negeri 9 Kota Gorontalo
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Gorontalo
Author
FATMA PAPUTUNGAN (STUDENT ID : 111409101)
Dra. RENA MADINA, M.Pd (LECTURER ID : 0022075913)
Dra. MARDIA BIN SMITH, S.Pd, M.Si (LECTURER ID : 0005125908)
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2013-09-10 00:00:00 
Abstract :
ABSTRAK Fatma Paputungan. 2013. Hubungan Status Sosial Dengan Interaksi Sosial Siswa Kelas VII di SMP Negeri 9 Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Rena L Madina M.Pd dan pembimbing II Dra. Mardia Bin Smith S.Pd, M.Si Permasalahan yang menjadi fokus penelitian ini adalah, siswa kurang dapat berinteraksi dengan baik karena status sosial, adapun rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat hubungan status sosial dengan interaksi sosial siswa di Kelas VII SMP Negeri 9 Kota Gorontalo?” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan status sosial dengan interaksi sosial siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 9 Kota Gorontalo, dengan anggota populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 9 Kota Gorontalo, tahun ajaran 2012/2013, yang berjumlah 120 siswa sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII yang berjumlah 40 orang siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional, yang terdiri dari dua variabel yaitu variabel X (Status Sosial) dan variabel Y (Interaksi Sosial Siswa). Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, teknik analisis data yang digunakan ialah analisis Product Moment yang terdiri dari uji validitas dan realibilitas data, uji normalitas data dan uji hipotesis. Berdasarkan analisis statistik korelasional diperoleh nilai rxy = 0,972 dibandingkan dengan Nilai ”r” Product Moment ternyata dk sebesar 38, pada taraf signifikansi 5% diperoleh rtabel = 0,254. Sedangkan hasil Uji t harga thitung¬ = 24,45 selanjutnya dibandingkan dengan harga ttabel untuk kesalahan 5% uji dua pihak dan dk=n-2= 40-2=38, maka diperoleh ttabel = 4,10. Ternyata harga thitung > harga ttabel atau harga t hitung berada di luar daerah penerimaan Ho. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan menerima H1. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat Status Sosial Dengan Interaksi Sosial Siswa Kata Kunci : Status Sosial, Interaksi Sosial Siswa.  
Institution Info

Universitas Negeri Gorontalo