DETAIL DOCUMENT
Profil Kemandirian Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Gorontalo
Author
DEWI ANGRIANI SIPA BADI (STUDENT ID : 111409144)
Dra. TUTI WANTU, M.Pd, Kons (LECTURER ID : 0016036105)
MURHIMA A KAU, S.Psi, M.Si (LECTURER ID : 0030047303)
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2013-02-21 00:00:00 
Abstract :
ABSTRAK Dewi Angriani Sipa Badi, 2013: Profil Kemandirian Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo, Jurusan Bimbingan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing (1) : Dra. Tuti Wantu, M.Pd.Kons, (2) Murhima A. Kau, S.Psi. M.Si Salah satu bentuk lembaga pendidikan adalah sekolah. Sekolah sebagai suatu lembaga formal yang berperan dalam membantu siswa untuk mencapai tugas-tugas perkembangan yang lebih tinggi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui profil kemandirian siswa di SMA Negeri 1 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, dengan maksud untuk menggambarkan profil kemandirian siswa aktivitas belajar di SMA Negeri 1 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo sesuai apa adanya, dan tidak digeneralisasikan untuk berlaku umum, sehingga lebih bersifat survei atau studi pendahuluan. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa yang berjumlah 403 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah 121 orang. Berdasarkan hasil pengolahan data maka disimpulkan bahwa profil kemandirian belajar siswa memiliki skor rata-rata 74% dengan kualitas yang cukup yang diperoleh dari indikator sebagai berikut (1) Kemandirian siswa dalam aktivitas belajar diperoleh skor sebesar 74% dengan kategori yang cukup, (2) Faktor faktor eksternal jauh lebih kuat pengaruhnya terhadap kemandirian belajar siswa dibandingkan dengan faktor intenal dengan rata-rata skor capaian 70% dengan kategori yang cukup.Hasil pengamatan pada siswa di SMA Negeri 1 Telaga Biru menunjukkan bahwa siswa belum mandiri dalam melaksanakan aktivitas belajar yang dicirikan yaitu kurang memanfaatkan waktu belajar secara optimal, kurang memiliki rasa percaya diri siswa dalam aktivitas belajar, sebagian besar siswa memiliki hasil belajar yang rendah keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar di kelas masih tergolong rendah, kurangnya kemandirian belajar siswa, kurangnya inisiatif diri siswa untuk mencari konsep-konsep baru tentang materi yang berhubungan dengan pembelajaran. Kata Kunci: 
Institution Info

Universitas Negeri Gorontalo