DETAIL DOCUMENT
Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa di SMP Negeri 2 Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Gorontalo
Author
HASNA BAIKU (STUDENT ID : 111409151)
Dra. TUTI WANTU, M.Pd, Kons (LECTURER ID : 0016036105)
IRPAN A KASAN, S.Ag, M.Pd (LECTURER ID : 0008067506)
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2013-02-21 00:00:00 
Abstract :
ABSTRAK HASNA BAIKU. NIM. 111 409 151. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa di SMP Negeri 2 Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara. SKRIPSI. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. 2013. Pembimbing 1. Dra. Hj. Tuti Wantu, M.Pd, Kons dan Pembimbing 2. Irfan Kasan, S.Ag, M.Pd. Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya rendahnya motivasi belajar siswa di SMP Negeri 2 Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara. Tujuan penelitian ini adalah untuk analisis faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa di SMP Negeri 2 Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik koesioner dan observasi yang menggambarkan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa di SMP Negeri 2 Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif, yaitu suatu metode yang menggambarkan secara sistematis dan obyektif tentang faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa di SMP Negeri 2 Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara. Dari hasil pengelolaan angket yang di isi oleh siswa, diperoleh data bahwa faktor internal mempengaruhi motivasi belajar siswa yang terdiri atas a) percaya diri, b) minat, c) kesehatan, d) kecerdasan berada pada kategori sering dengan persentase 67,9%. Hal ini menjelaskan bahwa faktor internal tersebut sering mempengaruhi motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Sedangkan hasil pengelolaan angket pada indikator faktor eksternal mempengaruhi motivasi belajar siswa yang terdiri atas a) strategi guru, b) lingkungan keluarga, c) masyarakat, d) lingkungan sekolah dan e) pergaulan siswa berada pada kategori sering dengan persentase 64,9%. Hal ini menjelaskan bahwa faktor eksternal tersebut sering mempengaruhi motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Dari hasil penelitian ini memberikan penjelasan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa di SMP Negeri 2 Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal yang dijelaskan pada penelitian ini. Kata Kunci : Motivasi Belajar  
Institution Info

Universitas Negeri Gorontalo