DETAIL DOCUMENT
PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK BERMAIN PERAN TERHADAP PERILAKU SOPAN SANTUN SISWA DI MTs AL-HUDA KOTA GORONTALO
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Gorontalo
Author
SULASTRI TOMAYAHU (STUDENT ID : 111409156)
Dra. MARYAM RAHIM, M.Pd (LECTURER ID : 0018075910)
IRVAN USMAN, S.Psi, M.Si (LECTURER ID : 0002077703)
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2014-06-05 00:00:00 
Abstract :
ABSTRAK Sulastri Tomayahu. 2013. Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Man Peran Terhadap Perilaku Sopan Santun Siswa Kelas VII di MTs Al-huda Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Bimbingan Dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Dra.Hj. Maryam Rahim, M.Pd dan Pembimbing II Irvan Usman S.Psi.M.Psi. Permasalahan yang dihadapi di MTs Al-huda Kota Gorontalo adalah adanya siswa yang mengalami masalah dengan perilaku sopan santun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok teknik main peran terhadap perilaku sopan santun siswa melalui suatu eksperimen. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang menggunakan desain "one group pretest and postest design". Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel X (bimbingan kelompok teknik main peran) dan variabel Y (perilaku sopan santun). Anggota populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Al-huda Kota Gorontalo yang berjumlah kurang lebih 150 orang yang terbagi dalam 5 kelas. Sedangkan yang menjadi anggota sampel adalah siswa kelas VII yang berjumlah 15 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah secara purposive sampling. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket. Angket yang disebarkan sebanyak dua kali yakni sebelum pemberian treatment dan sesudah pemberian treatment. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dan diuji hipotesis menggunakan uji t. Dari hasil perhitungan diperoleh harga thitung sebesar -7,83 . Sedang dari daftar distribusi t pada taraf nyata 5% diperoleh t_0,975 = 2,05. Artinya bahwa hipotesis yang berbunyi "terdapat pengaruh bimbingan kelompok teknik main peran terhadap perilaku sopan santun siswa kota gorontalo", dapat diterima. Berdasarkan hasil penelitian maka dalam rangka meningkatkan Perilaku Sopan Santun, hendaknya digunakan layanan bimbingan kelompok, teknik Main Peran. Kata kunci : Bimbingan Kelompok, Teknik Main Peran, Perilaku Sopan Santun  
Institution Info

Universitas Negeri Gorontalo