DETAIL DOCUMENT
Hubungan Antara Motivasi Memanfaatkan Pelayanan Bimbingan dan Konseling Dengan Prestasi Belajar Siswa di SMP Negeri 8 Kota Gorontalo
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Gorontalo
Author
AMARULLAH HAMID (STUDENT ID : 111409158)
Dra. RENA MADINA, M.Pd (LECTURER ID : 0022075913)
IRVAN USMAN, S.Psi, M.Si (LECTURER ID : 0002077703)
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2013-02-21 00:00:00 
Abstract :
ABSTRAK Hamid Amarullah. 2013. Hubungan Antara Motivasi Memanfaatkan Pelayanan Bimbingan dan Konseling Dengan Prestasi Belajar Siswa di SMP Negeri 8 Kota Gorontalo. Skripsi. Universitas Negeri Gorontalo Fakultas Ilmu Pendidikan Jurusan Bimbingan dan Konseling . Pembimbing I Dra. Hj. Rena L.Madina, M.Pd dan Pembimbing II Irvan Usman, S.Psi. M.Psi Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh nilai numerik tantang hubungan motivasi memanfaatkan pelayanan bimbingan dan konseling dengan prestasi belajar siswa di SMP Negeri 8 Kota Gorontalo melalui indikator yang dijabarkan kedalam sub indikator menjadi pernyataan bagi siswa yang disusun secara terstruktur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 8 Kota Gorontalo yang berjumlah 793 siswa, dengan sampel penelitian 10% dari jumlah populasi yang dibulatkan menjadi 80 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Teknik analisis data dilakukan yaitu uji normalitas data, analisis regresi, korelasional linier dan uji Hipotesis. Hasil penelitian tersebut adalah persamaan linier diperoleh ? = 10.996 + 0.721X yang berarti bahwa setiap kenaikan satu skor motivasi memanfaatkan pelayanan bimbingan dan konseling (X) dapat menyebabkan kenaikan skor prestasi belajar (Y) sebesar 0.721 pada konstant 10.996. Sedangkan koefisien korelasi sebesar 0.830 dengan indeks determinasi sebesar 0.689 atau 68,9%. Jadi motivasi memanfaatkan pelayanan bimbingan dan konseling dihubungkan dengan prestasi belajar siswa sebesar 68,9%. Sedangkan sisanya 31.1% dihubungkan oleh faktor lain yang tidak didesai oleh peneliti misalnya pola asuh orang tua, ekonomi keluarga serta lingkungan sekitar. Dengan demikian Ho ditolak dan H1 diterima. Kata Kunci : Motivasi, Bimbimbingan dan Konseling, Prestasi Belajar  
Institution Info

Universitas Negeri Gorontalo