DETAIL DOCUMENT
DESKRIPSI FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR SLOW LEARNER PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 2 GORONTALO
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Gorontalo
Author
HADIDJAH LAKADJO (STUDENT ID : 111410014)
Dra. TUTI WANTU, M.Pd, Kons (LECTURER ID : 0016036105)
IRPAN A KASAN, S.Ag, M.Pd (LECTURER ID : 0008067506)
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2015-02-18 00:00:00 
Abstract :
ABSTRAK Hadidjah Lakadjo. 2014. Deskripsi Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Slow Learner Pada Siswa KelasX SMK Negeri 2 Gorontalo. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Tuti Wantu, M.Pd. Kons dan Pembimbing II Irpan A.Kasan S.Ag. M.Pd Permasalahan yang dihadapi siswa di SMK Negeri 2 Gorontalo khususnya siswa kelas X adalah siswa yang mengalami kesulitan belajar slow learner sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan belajar slow learner siswa. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yaitu untuk menganalisis faktor penyebab kesulitan belajar slow learner siswa kelas X SMK Negeri 2 Gorontalo. Anggota sampel di dalam penelitian adalah siswa kelas X yang berjumlah 22 orang siswa. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel tersebut yaitu secara purposif sampling. Teknik untuk pengumpulan data adalah menyebarkan angket, sedangkan observasi dan wawancara adalah sebagai pelengkap atau pendukung. Data selanjutnya dianalisis menggunakan analisis data persentase. Dari hasil penelitian dan analisis data menunjukkan kesulitan belajar slow learner siswa kelas X di SMK Negeri 2 Gorontalo dapat dilihat persentase dari indikator. intelegensi (kemampuan berpikir yang terbatas) dengan persentase 80.91%, kurangnya bakat dengan persentase 76.365, kurangnya motivasi belajar dengan persentase 60%, pribadi emosional dengan persentase 62.42%, faktor jasmaniah dengan persentase 66.818%, lingkungan sekolah dengan persentase 60%, lingkungan keluarga dengan persentase 64.55%, lingkungan masyarakat dengan persentase 67.727%, strategi pembelajaran dengan persentase 64.545%. Penelitian ini di harapkan agar dapat menjadi pedoman atau acuan selanjutnya. Kata kunci : Kesulitan Belajar Slow Learner  
Institution Info

Universitas Negeri Gorontalo