Institusion
Universitas Negeri Gorontalo
Author
RUSLAN H. SUDE (STUDENT ID : 111413039)
Dra. RENA MADINA, M.Pd (LECTURER ID : 0022075913)
MEISKE PULUHULAWA, S.Pd, M.Pd (LECTURER ID : 0031018301)
Subject
L Education (General)
Datestamp
2018-02-08 00:00:00
Abstract :
ABSTRAK
Ruslan H. Sude. 2017. Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Motivasi Berprestasi Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Rena L. Madina, M.Pd dan Pembimbing II Meiske puluhulawa, S.Pd., M.Pd
Permasalahan yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi berprestasi siswa kelas XI, yang ditandai oleh: siswa belum mampu mengerjakan soal ulangan yang sulit, malas mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, lebih menyukai tugas yang dikerjakan dengan santai, tertarik dengan tugas yang ringan daripada tugas yang berat, mendapat nilai rendah biasa saja. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok terhadap motivasi berprestasi siswa.
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan menggunakan desain "one group pre-test and post-test design. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel X (Bimbingan Kelompok) dan variabel Y ( Motivasi berprestasi) siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Kabila. Perlakuan diberikan 8 kali terhadap 15 orang siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, yaitu teknik sampel dengan pertimbangan tertentu. Teknik pengumpulan data berupa teknik angket yang berfungsi sebagai pre-test dan post-test. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji t.
Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh harga thitung sebesar dari daftar distribusi t pada taraf nyata 5% diperoleh t0,95 (13)=1,771. Ternyata harga thitung memperoleh harga lain, atau thitung telah berada di luar daerah penerimaan H0, sehingga H0 ditolak dan menerima H1 yang berarti hipotesis dalam penelitian ini terdapat pengaruh bimbingan kelompok terhadap motivasi berprestasi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango.
Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis dari penelitian yang telah dilakukan, diketahui bahwa hipotesis yang berbunyi terdapat pengaruh bimbingan kelompok terhadap motivasi berprestasi kelas XI SMA Negeri 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango diterima, dalam arti bahwa layanan bimbingan kelompok dapat membantu dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang motivasi berprestasi siswa.
Kata kunci: Bimbingan Kelompok, Motivasi Berprestasi