DETAIL DOCUMENT
pengaruh konseling kelompok rational emotive therapy (RET) terhadap kecemasan menghadapi ujian pada siswa kelas XIIdi sekolah SMK Gotong Royong Kabupaten Gorontalo
Total View This Week162
Institusion
Universitas Negeri Gorontalo
Author
MARDIA MUHARAM (STUDENT ID : 111415089)
Dra. MARYAM RAHIM, M.Pd (LECTURER ID : 0018075910)
Dra. MARDIA BIN SMITH, S.Pd, M.Si (LECTURER ID : 0005125908)
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2019-10-26 00:00:00 
Abstract :
ABSTRAK Muharam, Mardia. 2019.Pengaruh Konseling Kelompok Rational Emotive Therapy (RET) TerhadapKecemasan Menghadapi Ujian Pada Siswa Kelas Xii Di Smk Gotong Royong Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Dra. Maryam Rahim M.Pd dan Dra. Mardia Bin Smith S.Pd., M.Si, juga selaku sebagai pembimbing I dan pembimbing II Rumusan masalah pada penelitian ini adalah ..."Apakah ada pengaruh konseling kelompok rational emotive therapyterhadap kecemasan menghadapi ujian pada siswa kelas XII di SMK Gotong Royong?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok rational emotive therapy terhadapterhadapkecemasan menghadapi ujian pada siswa kelas XII di SMK Gotong Royong.Jenis penelitian ini adalahPre-experimental design dengan rancangan One-Group Pretest-Postest Design. Variabel bebas yaitu konseling kelompok rational emotive therapy dan variabel terikat yaitu kecemasan menghadapi ujian.Sampel yang digunakan sebanyak 8 siswa. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest 139,63dan nilai rata-rata posttest 92,00. Hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 10,438>3,50. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh konseling kelompok rational emotive therapyterhadapkecemasan menghadapi ujian pada siswa kelas XII di SMK Gotong Royong kabupaten gorontalo. Kata Kunci : Konseling Kelompok rational emotive therapy, kecemasan menghadapi ujian  
Institution Info

Universitas Negeri Gorontalo