DETAIL DOCUMENT
KINERJA KEPALA SEKOLAH DALAM MENJALANKAN FUNGSI KEPALA SEKOLAH DI SMP NEGERI 2 BATUDAA KECAMATAN BATUDAA KABUPATEN GORONTALO
Total View This Week25
Institusion
Universitas Negeri Gorontalo
Author
ROSNAWI YASIN (STUDENT ID : 131410018)
Prof. Dr. phil. IKHFAN HARIS, M.Sc (LECTURER ID : 0021116705)
WARNI TUNE SUMAR, S.Pd, M.Pd (LECTURER ID : 0024037003)
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2018-02-08 00:00:00 
Abstract :
ABSTRAK Rosnawi Yasin. 2017. Kinerja Kepala Sekolah Dalam Menjalankan Fungsi Kepala Sekolah di SMP 2 Batudaa Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo. Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Dr. Phil. Ikhfan Haris, M.Sc dan Pembimbing II: Warni Tune Sumar, S.Pd, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Kinerja Kepala dalam menjalankan fungsi kepal Sekolah di SMP 2 Batudaa Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini dirancang sebagai jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Kinerja kepala sekolah sebagai educator 83 % berada pada kategori baik. Hal ini berarti kepala sekolah mempunyai komitmen tinggi,keteladanan yang baik dan mampumenciptakan iklim sekolah lebih baik. (2) Kinerja kepala sekolah sebagai manager 81,3 % berada pada kategori baik. Kategori baik dalam hal yang artinya kepala sekolah mampu merencanakan segala program sekolah dengan baik,mengendalikan lingkungan sekolah aman disiplin dan memimpin sekolah lebih baik. (3) Kinerja kepala sekolah sebagai administrator 78,6% berada pada kategori baik. Hal ini berarti kepala sekolah mampu memberdayakan sumber daya yang ada disekolah. (4) Kinerja kepala sekolah sebagai supervisor 81% berada pada kategori baik. Hal ini berarti kepala sekolah mampu melaksanakan program supevisi. (5) Kinerja kepala sekolah sebagai leader 82,3% berada pada kategori baik. Hal ini bahwa kepala sekolah bias transparan kepada semua guru,mampu memahami kondisi sekolah. (6) Kinerja kepala sekolah sebagai innovator 81% berada pada kategori baik. Hal ini bahwa kepala sekolah belum memiliki strategi menjalin hubungan yang harmonis dengan guru. (7) Kinerja kepala sekolah sebagai motivator 78% berada pada kategori baik. Hal ini bahwa kepala mampu mengatur suasana kerja pegawai secara efektif. Terkait temuan tersebut maka disarankan; (1) Pengawas sekolah diharapkan untuk lebih intensif mengawasi kinerja kepala sekolah dan bisa lebih cepat tanggap dalam menghadapi permasalahan yang dilakukan oleh kepala sekolah. (2) Untuk kepala sekolah,sudah merupakan suatu kewajiban untuk melakukan aktivitas sekolah dengan sebaik-baiknya, menjadi kepala sekolah yang berwawasan luas, bijaksana dalam mengambil keputusan, melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai kepala sekolah yang melekat pada kemampuan,komitmen dan motivasi yang menjadi pondasi dasar dalam melaksanakan aktivitas kerja. (3) Untuk guru, sudah merupakan suatu kewajiban untuk bekerja dengan baik demi peningkatan kualitas pendidikan. Kata Kunci: Kinerja Kepala Sekolah  
Institution Info

Universitas Negeri Gorontalo