DETAIL DOCUMENT
Manajemen Pendidikan Karakter Di SMP Negeri 1 Gorontalo
Total View This Week32
Institusion
Universitas Negeri Gorontalo
Author
DESWINTA T. ISA (STUDENT ID : 131412100)
Dr. SITTI ROSKINA MAS, MM, M.Pd (LECTURER ID : 0007046603)
Prof. Dr. phil. IKHFAN HARIS, M.Sc (LECTURER ID : 0021116705)
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2017-05-04 00:00:00 
Abstract :
ABSTRAK Deswinta T. Isa, 2017. Manajemen Pendidikan Karakter. Pembimbing I, Ibu Dr. Hj. Sitti Roskina Mas, MM, M.Pd dan pembimbing II bapak Dr. Phil. H. Ikhfan Haris, M. Sc. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perencanaan pendidikan karakter siswa, (2) pengorganisasian pendidikan karakter siswa, (3) pelaksanaan pendidikan karakter siswa,( 4) evaluasi pendidikan karakter siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Dengan rancangan penelitian studi kasus. Prosedur pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pengumpulan data reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Perencanaan pendidikan karakter di SMP Negeri 1 Gorontalo telah dilakukan dengan baik yang dilakukan dengan penerapan konsep kurikulum 2013 menekankan pada aspek kognitif, afektif, psikomotorik melalui penilaian berbasis test dan portofolio saling melengkapi, (2) Pengorganisasian pendidikan karakter di SMP Negeri 1 Gorontalo telah dilakukan dengan efektif,dimana kepala sekolah mendelegasikan fungsinya kepada guru untuk mewujudkan pendidikan karakter yang berkualitas dan berimplikasi baik bagi para siswa di sekolah, (3) Pelaksanaan pendidikan karakter di SMP Negeri 1 Gorontalo dilakukan dengan baik yakni dimulai dari hal-hal kecil yang mudah untuk dikerjakan oleh siswa dalam pendidikan karakter dan (4) Evaluasi pendidikan karakter di SMP Negeri 1 Gorontalo dilakukan oleh semua pihak dengan baik yang dapat dilihat dari adanya tindakan atau tindak lanjut yang dilakukan oleh guru atas internaliasi nilai-nilai karakter. Untuk itu disarankan: (1) bagi sekolah, mampu mengembangkan serta membentuk perilaku siswa yang berkarakter agar kedepannya menjadi yang terdepan dan lebih baik lagi.( 2) bagi guru, mampu membina, melatih, berbudaya, beradab menjadi teladan agar siswa memiliki karakter yang dipersorotkan di sekolah. (3) bagi peneliti, menambah wawasan dalam hal manajemen pendidikan karakter siswa. Kata kunci: Manajemen pendidikan karakter.  
Institution Info

Universitas Negeri Gorontalo