DETAIL DOCUMENT
STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU MENGELOLA KURIKULUM 2013 DI SDN SE-KECAMATAN KOTA SELATAN KOTA GORONTALO
Total View This Week25
Institusion
Universitas Negeri Gorontalo
Author
NINING HUSAIN (STUDENT ID : 131413032)
Prof. Dr. Hi. ABDUL KADIM MASAONG, M.Pd (LECTURER ID : 0014116106)
WARNI TUNE SUMAR, S.Pd, M.Pd (LECTURER ID : 0024037003)
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2017-08-30 00:00:00 
Abstract :
ABSTRAK Nining Husain. 2017. Strategi Kepala Sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru mengelola kurikulum 2013 di SDN Se-Kecamatan kota Selatan Kota Gorontalo, Skripsi, Program Studi Administrasi Pendidikan Jurusan Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Prof. Dr. H. Abdul Kadim Masaong, M.Pd Pembimbing II Warni Tune Sumar, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Strategi Kepala Sekolah meningkatkan kompetensi guru dalam merancang penerapan kurikulum 2013 di SDN Se-kecamatan kota selatan kota Gorontalo, 2) Strategi Kepala Sekolah meningkatkan kompetensi guru dalam pelaksanaan kurikulum 2013 di SDN Se-kecamatan kota Selatan Kota Gorontalo, 3) Strategi Kepala Sekolah meningkatkan kompetensi guru dalam evaluasi Kurikulum 2013 di SDN Se-kecamatan kota selatan Kota Gorontalo. Metode yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif jenis deskriptif eksplanatori. Tehnik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Strategi Kepala Sekolah meningkatkan kompetensi guru dalam merancang penerapan kurikulum 2013 dengan jumlah persentase 82.17% berada pada kategori baik, 2) Strategi Kepala Sekolah meningkat kompetensi guru dalam pelaksanaan kurikulum 2013 dengan jumlah persentase 86.37% berada pada kategori sangat baik, 3) Strategi Kepala Sekolah meningkat kompetensi guru dalam evaluasi kurikulum 2013 dengan jumlah persentase 89.07% berada pada kategori sangat baik. Untuk itu di sarankan : 1) Bagi Kepala Sekolah, agar melakukan monitoring proses pembelajaran yang terjadi dikelas sehingga dapat mengoptimalkan proses belajar mengajar sesuai dengan standar kurikulum 2013, 2) Bagi guru harus mengembangkan diri terhadap pengetahuan mengenai kurikulum 2013 dan lebih mendalami tentang pembelajaran menggunakan metode saintifik, selalu mengikuti KKG, workshop dan diklat kurikulum 2013, agar guru dapat menambah wawasan tentang kurikulum 2013, 3) Dinas pendidikan, diharapkan untuk memberikan fasilitas yang dibutuhkan untuk menunjang kelancaran implementasi kurikulum 2013 dan selalu memberikan pelatihan bagi guru-guru yang belum menguasai teknologi, informasi, dan komunikasi. Kata Kunci: Strategi Kepala Sekolah, Kompetensi Guru, Kurikulum 2013  
Institution Info

Universitas Negeri Gorontalo