Institusion
Universitas Negeri Gorontalo
Author
YUSRAN HODIO (STUDENT ID : 151408332)
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum (LECTURER ID : 0007105810)
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd (LECTURER ID : 0014046012)
Subject
L Education (General)
Datestamp
2012-09-20 00:00:00
Abstract :
ABSTRAK
Yusran Hodio 2012. Meningkatkan Kemampuan Membaca Melalui Model Pembelajaran Picture and Picture di Kelas II SDN 13 Tilamuta Kabupaten Boalemo. suatu Penelitian Tindakan Kelas, Skripsi, Program S1 PGSD, Fakultas Ilmu pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra, Dajani Suleman, M.Hum dan Pembimbing II Dr, Hj. Rusmin Husain S.Pd M.Pd
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah kemampuan membaca siswa menggunakan model pembelajaran picture and picture di kelas II SDN 13 Tilamuta Kabupaten Boalemo dapat di tingkatkan? Adapun tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan membaca melalui model pembelajaran picture and picture di SDN 13 Tilamuta Kabupaten Boalemo.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas, dimana tindakan penelitian dihentikan jika telah tercapai kriteria ketuntasan belajar sebesar 75% dari jumlah keseluruhan subyek penelitian dengan rata-rata skor lebih dari 65. Subyek dalam penelitian ini adalah 21 orang siswa kelas II SDN 13 Tilamuta Kabupaten Boalemo tahun pelajaran 2011-2012. Hasil belajar siswa berupa kemampuan membaca diukur berdasarkan kriteria ketuntasan belajar perorangan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pada observasi awal menunjukan terdapat 11orang siswa yang memiliki kemampuan membaca. Pada siklus pertama kemampuan membaca siswa melalui model pembelajaran picture and picture dari jumlah siswa sebanyak 21 orang yang memperoleh nilai ketuntasan berjumlah 13 siswa (61,90%). Pada siklus kedua siswa yang memperoleh nilai ketuntasan sebanyak 18 orang siswa atau (85,71%)
Dari hasil penelitiaan tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa penelitian ini dapat berpengaruh positif terhadap kemampuan membaca dikelas II SDN 13 Tilamuta Kabupaten Boalemo menggunakan model pembelajaran picture and picture. Dengan demikian hipotesis tindakan yang telah dirumuskan terbukti dan dapat diterima.
Kata kunci : membaca, model pembelajaran, picture and picture
ABSTRACT
Yusran Hodio 2012. Increasing ability Reads Through Picture And Picture's Learning Model at brazes II. SDN 13 TilamutaBoalemo's Regencies.an Action Research brazes, Paper, Gorontalo, S1 PGSD'S program, Education Knowledge faculty, Gorontalo's
Country university. Dra's i. counsellor, DajaniSuleman, M.Hum and CounsellorII.Dr, Hj. Rusmin Husain S.PdM.Pd.
About problem in this research is if ability read student utilize picture and picture's learning model at brazes II. SDN 13 Tilamuta Regency Boalemo can at increases? There is aim even of this research to increase ability reads through picture and picture's learning model at SDN 13 TilamutaBoalemo's Regencies.
This research utilize Action Research brazes, where is observational action to be discontinued if was reached belajar's thoroughness criterion as big as 75% of all told research subject with averagely score is more than 65. Subject in observational it is 21 students braze II. SDN 13 TilamutaBoalemo's Regencies school years 2011 2012. belajar's result student as ability reads to be measured bases belajar's thoroughness criterion individual.
Menunjukan'sobservational result that on menunjukan's startup observation exists 11 students which have ability reads. On first ability cycle read student via model picture and picture's learning of student amount as much 21 person that gets to assess total thoroughness 13 students (61,90%). On second student cycle that gets to assess thoroughness as much 18 students or (85,71%)
Of penelitiaan's result action brazes this gets to be concluded that this research gets positive ascendant to ability read to be brazed II. SDN 13 TilamutaBoalemo's Regencies utilize picture and picture's learning model. Action hypothesis thus already been formulated evident and gets to be accepted.
Key word: read, learning model, picture and picture